Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Omong Kosong Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, Bikin Gaduh Aja

9 November 2021   07:24 Diperbarui: 9 November 2021   07:47 413 24 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Joko Widodo. Sumber: Kompas.com

Tongkat estafet kepemimpinan militer tak lama lagi akan dipindahkan, dari Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kepada Jenderal TNI Andika Perkasa.

Hadi Tjahjanto telah memasuki masa purnabakti sebagai anggota aktif TNI per 8 November 2021 kemarin.

Konon kabarnya, pergantian Panglima TNI ini bakal menarik gerbong jabatan tinggi lain di Kabinet Pemerintahan Jokowi.

Pasca pensiun Hadi diyakini oleh sejumlah pengamat politik akan mendapat kepercayaan Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan sebagai salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Dengan demikian bakal terjadi pergeseran-pergeseran posisi di Kabinet atau biasa disebut reshuffle kabinet.

Saya sendiri bingung sebenarnya isu itu datangnya dari mana, mungkin hanya hasil mematut-matutkan saja.

Mungkin juga berpijak pada isu yang dihembuskan oleh Ketua Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer 

"(Reshuffle kabinet) Info yang kita dapat dalam waktu dekat sih, tapi paling lambat ya Oktober ini. Reshuffle ini juga menjadi kebutuhan agar pemerintahan Jokowi yang terakhir ini meninggalkan legacy yang baik buat pemerintahannya yang periode kedua ini kurang maksimal," katanya seperti dilansir MediaIndonesia.com, September2021 lalu.

Jika mengacu pada statement ini, yang menyatakan paling lambat pergantian menteri dalam Kabinet Jokowi jilid 2 akan terjadi pada Oktober 2021, mungkin masanya sudah sedikit lewat wong ini udah November 2021 kok Hilal dari Istana terkait reshuffle belum terlihat juga.

Jika kemudian dikaitkan dengan pensiunnya Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI, memang harus banget yah seorang pejabat yang baru pensiun di suatu lembaga langsung mendapatkan jabatan anyar?

Atau jika dikaitkan kinerja Hadi, betul ia mampu menjabarkan keinginan Jokowi dalam kaitannya dengan keamanan negara dan penanganan Covid-19 secara baik, tapi ya ga moncer-moncer banget juga sih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan