Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Peluang Anies Baswedan Menjadi Capres Saja Berat apalagi Terpilih Menjadi Presiden

20 Oktober 2021   17:12 Diperbarui: 20 Oktober 2021   18:49 340 15 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anies Baswedan. Sumber: Katadata.com

Kelompok relawan  yang menamakan dirinya Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) hari ini Rabu (20/10/21) secara resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menjadi Presiden Republik Indonesia pada 2024 mendatang.

"Kami anak muda dari berbagai komponen siap mendukung Anies Rasyid Baswedan [menjadi] Presiden 2024. Anies for presiden," kata Koordinator ANIES La Ode Basir, seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Dukung mendukung dalam politik elektabilitas lazim terjadi di era demokrasi seperti saat ini, meskipun tahun politik masih 3 tahun ke depan.

Bukan hanya relawan Anies yang mendeklarasikan dukungannya,  Ganjar Pranowo pun telah mendapatkan dukungan serupa dari sejumlah kelompok relawan.

Beberapa waktu lalu kelompok relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah yang menamakan dirinya "Sahabat Ganjar" mengklaim telah mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar di 34 Provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

Dukungan bagi Ganjar dan Anies arah datangnya berbeda dengan dukungan yang diberikan pada Prabowo Subianto.

Kalau dukungan Ganjar dan Anies dari para relawan yang tak memiliki kekuatan politis unguk mengusung calon Presiden, Prabowo Subianto beda lagi ia di dukung langsung oleh Partai Politik runner-up Pemilu 2019 Partai Gerindra yang dipimpinnya.

Meskipun belum secara resmi di deklarasikan, sepertinya Gerindra sudah hampir dapat dipastikan akan kembali mengusung Prabowo dalam perebutan kursi RI 1.

Hal ini secara terang dan jelas diungkapkan oleh Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua, besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," katanya seperti dilansir Republika.co.id, Sabtu (09/10/21) lalu.

Deklarasi resmi atau dukungan yang diberikan kepada ketiga tokoh ini, menurut saya sih didasari pada unggulnya elektabilitas mereka diberbagai survei dalam kurun waktu satu tahun terakhir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan