Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Lapas Kelas I Tangerang Kebakaran, 41 Napi Tewas, Bagaimana Pertanggungjawabannya?

8 September 2021   09:30 Diperbarui: 8 September 2021   13:55 1149 19 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabar duka datang dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanggerang Rabu (08/09/21) pagi,  41 orang warga binaan yang merupakan narapidana kasus narkoba dikabarkan tewas.

Menurut Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Rika Apriyani kebakaran terjadi pukul 01.50 dini hari.

"Kebakaran terjadi pada pukul 1.50 di Blok C Lapas Kelas I Tangerang," katanya, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (08/09/21) pagi.

Blok C di Lapas Kelas I Tanggerang ini merupakan blok bagi para terpidana kasus narkoba, selain 41 orang tewas, yang mengalami luka berat 8 orang sementara yang luka ringan 1 orang.

Saat tulisan ini dibuat, seperti yang saya saksikan dalam program Breaking News Kompas.TV menurut Rika api telah sepenuhnya berhasil dipadamkan.

Mengenai penyebab kebakaran, pihak Dirjen Pemasyarakatan menyebutkan masih dalam tahap penyeldikan.

Insiden yang cukup mengerikan saya kira, dalam kondisi Lapas Blok C  yang over Capacity lebih dari 3 kali lipat,  seharusnya dihuni 40 orang dengan 19 kamar diisi oleh 122 narapidana,  kebakaran dengan kondisi seperti itu menjadi sebuah mimpi buruk.

Korban dalam jumlah besar sangat potensial terjadi, seperti yang terjadi di Lapas Tanggerang ini.

Dalam kondisi berdesakan, menjadi sulit untuk menghindar dan keluar dari kobaran api apalagi pintu keluar dari sel tahanan sudah pasti terkunci.

Blok C Lapas Tanggerang ini berpenghuni 122 orang, artinya sepertiga penghuninya tewas akibat kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh bangunan Block C tersebut. 

Sebenarnya jumlah korban sebanyak itu bisa dihindari andai di setiap gedung apalagi fasilitas umum seperti lapas ini, memiliki proktokol  dan sistem mitigasi serta evakuasi apabila terjadi kebakaran, dan keadaan darurat lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Keamanan Selengkapnya
Lihat Keamanan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan