Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Pinjol Ilegal, Patah Tumbuh Hilang Berganti

27 Agustus 2021   09:33 Diperbarui: 14 Oktober 2021   20:20 190 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi pinjaman online. (Sumber: Shutterstock/Melimey via kompas.com)

Kisah pilu terkait korban  pinjaman online alias pinjol ilegal terus kita dengar, padahal sosialisasi oleh otoritas keuangan dan pihak-pihak terkait gencar dilakukan terhadap bahayanya meminjam pada rentenir daring ini.

Banyak pihak mengeluh bahwa pemerintah tak serius memberantas pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat tersebut.

Urusan memberantas pinjol ilegal  itu tak semudah yang dibayangkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bank Indonesia, Menteri Koperasi dan UKM yang tergabung dalam Satgas Waspada Investasi (SWI) sudah bekerja sangat keras, tetapi faktanya masih saja pinjol ilegal merebak dan menerkam mangsanya.

Sejak 2018 hingga 17 Agustus 2021, mereka telah memutus tak kurang dari 3.856 aplikasi financial technologi ilegal, termasuk di dalamnya pinjol ilegal.

Gelombang besar arus teknologi internet dan penetrasi kepemilikan ponsel pintar ditengah masyarakat menjadi salah satu faktor yang membuat pinjol ilegal itu menjadi marak.

Selain itu, kondisi masyarakat yang memang tengah dalam tekanan dan kesulitan hidup membuat mereka harus mencukupi kebutuhannya dengan jalan apa saja, bahkan tak segan-segan mereka harus berutang tanpa mempedulikan legalitas pinjol tersebut.

Lantaran pinjol ilegal itu biasanya persyaratan dan pencairannya sungguh sangat mudah, dalam beberapa menit saja uang bisa cair dan siap digunakan.

Itu lah yang menjadi daya tarik utama pinjol ilegal, dan tanpa ba bi bu masyarakat menelan umpan tersebut sampai akhirnya terjebak dalam lingkaran setan pinjol ilegal yang tak ada habisnya.

Pikiran-Rakyat.com
Pikiran-Rakyat.com

Lebih lanjut lagi, ada hal yang secara teknis pinjol ilegal itu susah diberantas, mereka itu patah tumbuh hilang berganti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan