Mohon tunggu...
Widiatmoko
Widiatmoko Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Amatir

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Momiji Nishiya, Anak Ajaib Berusia 13 Tahun Peraih Medali Emas Skateboard Olimpiade Tokyo 2020

27 Juli 2021   10:20 Diperbarui: 27 Juli 2021   10:53 190 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Momiji Nishiya, Anak Ajaib Berusia 13 Tahun Peraih Medali Emas Skateboard Olimpiade Tokyo 2020
Theguardian.com

Momiji Nishiya memang hanya seorang anak berusia 13 tahun, tetapi prestasinya sungguh sangat istimewa. Dalam usia se-belia itu ia sudah mampu meraih medali emas olimpiade, impian setiap atlet di planet ini.

Hanya atlet loncat indah asal Amerika Serikat Marjorie Gestring  yang lebih muda dari Nishiya saat meraih medali emas Olimpiade,  saat itu ia berusia 13 tahun 328 pada Olimpiade musim panas 1936 di Berlin Jerman.

Sementara Nishiya saat meraih medali emas skateboarding Olympiade Tokyo hari Senin (26/07/21) berusia 13 tahun 330 hari.

Namun demikian, hal itu sama sekali tak mengurangi keistimewaan Nishiya, ia finis di depan Rayssa Leal dari Brasil, yang pada pertandingan final berusia 13 tahun 203 hari, dan Funa Nakayama dari Jepang, 16 tahun pada nomor women's street di Ariake Urban Sport Park Tokyo.

Nishiya membintangi bagian trik untuk mencetak skor 15,26 dan membuat tuan rumah Jepang menyapu bersih olah raga jalanan skateboard saat debut pertama cabang olah raga tersebut di Olimpiade.

Vogue.com
Vogue.com
Saya meyakini prestasi Nishiya ini tak lahir secara instan, ia pasti sudah berlatih keras sejak usia yang sangat dini, mungkin saat dirinya masih balita sudah mulai memiliki ketertarikan dan berlatih olahraga skateboarding ini.

Dan benar saja ketika saya menelusuri akun media sosialnya, saya berhasil mendapatkan akun Instagram miliknya @Momiji_Nishiya83.

Lewat unggahan sejumlah  foto dan video di Instagram miliknya, saya bisa melihat bahwa ia sudah mampu bermain skateboard dengan baik dan keren, sejak tahun 2015. 

Saat itu usianya baru 7 tahun dan ia terlihat masih sangat mungil, tapi permainan skateboardnya sudah ciamik.

Artinya ia sudah mulai melatih kemampuannya bermain skateboard sejak usianya di bawah 7 tahun.

Menurut studi yang dilakukan oleh US Consumer Product Safety Commisions pada tahun 2019 seperti dilansir IndianExpress, atlet-atlet skateboard yang ikut berkompetisi di ajang berbagai turnamen rata-rata berusia 13-14 tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN