Mohon tunggu...
Efwe
Efwe Mohon Tunggu... Administrasi - Officer yang Menulis

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Semur Daging ala Pria Tak Bisa Masak

5 Juli 2021   17:14 Diperbarui: 5 Juli 2021   17:25 506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ternyata pandemi Covid-19 memberi hikmah tersendiri, lantaran kantor tempat saya bekerja menerapkan Work From Home (WFH) makanya saya lebih banyak berkegiatan di rumah.

Salah satu hikmahnya saya berkesempatan mencoba kemampuan saya dalam memasak, saya selama ini jarang sekali memasak, ya paling masak Indomie atau nasi goreng lah dengan bumbu sasetan.

Nah, kali ini saya mencoba resep memasak semur daging ala sunda yang diberikan oleh adik saya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak semur daging adalah:

Daging Sapi seberat 500 gram atau 1/2 kg, untuk memastikan daging sapi ini tak berbau konon katanya sebelum di rebus jangan dicuci terlebih dahulu.

Baru setelah direbus setengah matang, daging itu dicuci, dan direbus kembali dengan air yang baru.

Kemudian untuk bumbu halusnya, saya siapkan 8 siung bawah merah ditambah 4 siung bawang putih, 5 butir kemiri yang disangrai terlebih dahulu, 1 1/2 sendok makan ketumbar bubuk, sejumput jinten kira-kira 1/8 sendok teh jinten dan 1/2 sendok pala bubuk serta 1/3 sendok teh kayu manis bubuk, eh iya lupa sisir gula merah kurang lebih 1 sendok makan.

Lantas, siapkan juga kentang berukuran sedang sebanyak 3 biji, yang kemudian dipotong menjadi 8 bagian dan digoreng hingga berkulit.

Selain itu saya memasukan lengkuas kurang lebih berukuran 1 cm, 2 lembar daun salam,1 buah tomat dipotong 8, 2 batang serai, 1 sampai 1 1/2 sendok teh garam tergantung selera dan lada putih bubuk secukupnya.

Ditambah 4 butir cengkeh, 3 hingga 5 sendok makan kecap manis, dan sedikit ya kira-kira 1/2 sendok teh saos tiram, jangan lupa siapkan juga air sebanyak kurang lebih 1,5 liter air.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah merebus air terlebih dahulu setelah panas, masukan daging biarkan hingga setengah matang.

Cara mengetahui bahwa daging itu sudah setengah matang, saya sih menusuknya menggunakan garpu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun