Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Menanti Takdir Politik Prabowo Menjadi RI 1

2 Juni 2021   08:10 Diperbarui: 2 Juni 2021   08:45 596 34 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menanti Takdir Politik Prabowo Menjadi RI 1
Cnnindonesia.com

Partai Gerindra sepertinya akan kembali mencalonkan Pendiri, Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina-nya Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia untuk pemilihan presiden 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai berlambang Garuda ini  Habiburokhman seperti yang dilansir Kompas.TV, Rabu (01/06/21).

"Kami seluruh kader partai Gerindra bertekad untuk kembali mencalonkan pak Prabowo sebagai calon presiden pada tahun 2024" ungkapnya

Pernyataan Habiburokhman ini mungkin saja menggambarkan suasana kebatinan seluruh kader partai Gerindra terkait Pilpres 2024, yang sudah "pasti" mencalonkan Prabowo sebagai capres 2024.

Namun belum bisa dikatakan resmi juga sebenarnya karena jika memang resmi biasanya  pernyataan seperti ini akan dikeluarkan melalui Munas atau forum tertentu yang mengumpulkan pengurus partai baik tingkat pusat maupun daerah.

Jika benar Prabowo kembali dicalonkan atau mencalonkan diri sebagai capres untuk pemilu 2024, berarti ini kali ke-5 ia bertarung cupras capres.

Pertama pada tahun 2004 saat ia maju dalam konvensi calon presiden yang akan diusung Partai Golkar, tetapi ia kalah.

Konvensi Partai Golkar ini akhirnya dimenangkan oleh Wiranto yang kemudian berpasangan dengan Salahudin Wahid.

Kekalahan inilah yang kemudian memicu dirinya mendirikan partai yang kini dipimpinnya, Partai Gerindra.

Kedua, saat ia berpasangan dengan Ketua Umum PDI-P Megawati. Prabowo maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Megawati sebagai calon presiden pada Pilpres 2009.

Upaya keduanya ini pun tak menemui hasil menggembirakan, pasangan Megawati-Prabowo kalah telak dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla, yang kemudian memimpin Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN