Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Sinar, Aplikasi Pembuatan SIM via Ponsel Bisa Dipergunakan Mulai Hari Ini

13 April 2021   09:27 Diperbarui: 13 April 2021   09:56 238 17 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sinar, Aplikasi Pembuatan SIM via Ponsel Bisa Dipergunakan Mulai Hari Ini
Sumber: Kumparan.com

Bagi yang akan membuat Surat Izin Mengemudi baru atau memperpanjang, hari ini Selasa (13/04/21) bisa langsung mencoba aplikasi baru pembuatan SIM, SIM Nasional Presisi atau SINAR.

Ya Kepolisian Republik Indonesia hari ini pada pukul 13.00 akan meluncurkan secara resmi aplikasi pembuatan dan perpanjangan SIM, Sinar merupakan aplikasi khusus kepengurusan SIM yang dapat diunduh masyarakat melalui Play Store (Android) dan App Store (iOS). Aplikasi ini akan memudahkan masyarakat sebab membuat sebagian besar kepengurusan SIM bisa dilakukan di manapun menggunakan ponsel.

Dengan hadirnya Sinar ini juga secara otomatis menggantikan laman pengurusan Sim daring sebelumnya yakni melalui khusussim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/. Situs tersebut pertama kali diluncurkan pada 2019.

Lantas apa keistimewan Sinar dibandingkan laman pengurusan daring sebelumnya?

Menurut Komisaris Besar  Pol Jati Utomo Kasubdit SIM Korlantas, masyarakat bisa  menggunakan aplikasi Sinar ini lewat ponsel, itu yang pertama, kemudian hampir seluruh pengurusan pembuatan baru SIM bisa lewat aplikasi Sinar ini, mulai dari ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, hingga layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

Kecuali untuk ujian praktik, pemohon SIM baru harus tetap mendatangi Satpas terdekat yang nanti akan ditunjukan oleh aplikasi tersebut.

Sementara untuk aktivitas memperpanjang SIM A maupun SIM, cukup buka aplikasi Sinar di ponsel, segala urusan bisa kelar melalui aplikasi ini.

Lantas bagaimana dengan SIM B atau SIM Internasional, ya kalau untuk kedua jenis SIM tersebut pemohon harus tetap mendatangi Satpas dan menyelesaikannya secara tatap muka.

Lantas bagaimana cara membuat atau memperpanjang SIM lewat aplikasi Sinar ini. Jika menggunakan ponsel dengan OS Android unduh aplikasi tersebut lewat Playstore.

Jika anda pemilik Iphone yang menggunakan IOS silahkan unduh aplikasi Sinar lewat Appstore.

Setelah terunduh lakukan registrasi, kemudian lakukan pengenalan wajah atau face recognition, pilih jenis SIM apa yang akan dibuat atau diperpanjang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x