Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kekuatan dan Asal Muasal Simbol Mata Uang AS "$"

4 April 2021   06:33 Diperbarui: 4 April 2021   10:28 322 17 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kekuatan dan Asal Muasal Simbol Mata Uang AS "$"
Tate.org.uk

Tahukah anda bahwa 1 April selain di kenal sebagai April Mop, juga dikenal sebagai tanggal saat ditemukannya simbol mata uang Amerika Serikat,  "$" dollar, 243 tahun yang lalu.

Syahdan, seperti yang dilansir Reader Digest,  Oliver Pollock seorang pengusaha kelahiran Irlandia sekaligus pahlawan perjuangan AS, saat itu menyumbangkan uang miliknya sebesar 300.000 Peso atau setara dengan 1 milyar dollar saat ini  untuk perjuangan Kemerdekaan AS.

Mata uang Peso sendiri saat  itu merupakan alat tukar yang sah di AS, bahkan bertahan hingga tahun 1857.

Nah, kemudian ketika menuliskan uang yang ia sumbangkan tersebut diatas selembar kertas, Pollock menulis huruf P dan S dengan gaya aksara latin yang meliuk, khas seperti huruf kuno, sehingga kedua huruf tersebut bertumpuk dan terlihat seperti simbol dollar yang kita kenal saat ini, $.

Jadi simbol dollar, huruf S dengan dua garis ditengahnya tersebut ditemukan secara tak sengaja oleh Oliver Pollock.

Huruf PS sendiri sebenarnya kependekan dari kata Peso, yang awalnya merupakan sebutan untuk koin perak yang diperkenalkan oleh bangsa Spanyol untuk negara jajahannya di wilayah Amerika Latin.

Mata uang Peso kini dikenal sebagai kurs resmi beberapa negara Amerika Latin  dan beberapa negara di luar wilayah tersebut seperti Filipina yang pernah dijajah bangsa Spanyol.

Kata Peso sendiri merupakan penyederhanaan dari kata Peso de Ocho.

Artinya  simbol mata uang AS berasal dari koin ciptaan Spanyol, yang dibuat secara tidak sengaja oleh Oliver Pollock seorang pengusaha berkebangsaan AS.

Menurut BBC, cetakan simbol dollar pertama dibuat oleh mesin cetak Philadelphia pada 1790-an. Orang yang mencetaknya adalah Archibald Binny, pria Skotlandia anti-Inggris yang dikenal sebagai pencipta jenis aksara Monticello.

Sementara kata "dollar" seperti yang kita kenal saat ini, menurut sejumlah sumber, diketahui berasal dari sebutan mata uang sebelum "Peso" digunakan yakni Joachimsthaler.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN