Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Begini Cara Memahami Notasi dalam Permainan Catur

23 Maret 2021   06:02 Diperbarui: 23 Maret 2021   07:33 690 17 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Begini Cara Memahami Notasi dalam Permainan Catur
Detik.com

Tentunya masih segar dalam ingatan kita pertandingan catur antara Dewa Kipas melawan GMW Irene Kharisma Sukandar yang disiarkan secara langsung di akun Youtube milik Deddy Coubuzier Senin(22/03/21) kemarin.

Dalam pertandingan persahabatan tersebut ada dua pemain catur nasional Indonesia GM Susanto Megaranto dan MIW Chelsie Monica Sihite yang menjadi komentator.

Setelah melakukan undian, GMW Irene dalam gim pertama memegang buah putih, dan ia menggerakan e2-e4 yang kemudian dibalas oleh Dewa Kipas yang memegang buah hitam dengan langkah d2-d3 kemudian disusul langkah berikutnya yang rangkaian langkah itu oleh GM Susanto disebut Pertahanan Caro Kan.

Nah  bagi orang awam  mungkin agak membingungkan bagaimana mengetahui istilah langkah e2-e4, dalam catur rangkaian huruf dan angka yang menunjukan letak dan langkah buah catur itu disebut notasi.

Saya mempelajari istilah notasi yang disebut juga bahasa catur ini secara otodidak saat kecil kira-kira usia 10 tahunan lah dengan melihat dan mempelajari secara seksama rubrik catur di Surat Kabar Kompas yang saat itu diasuh oleh Lugito Hayadi yang ulasannya terbit 2 kali seminggu.

Awalnya saya bingung apa itu deretan kombinasi angka dan huruf yang menggambarkan langkah-langkah para pemain catur di papan hitam putih dengan jumlah 64 kotak itu.

Setelah beberapa waktu saya akhirnya bisa memahami bahwa huruf atau abjad a sampai h mewakili kotak horizontal yang mulai dihitung dari kiri ke kanan.

Sementara angka 1 hingga 8 mewakili kotak vertikal yang dihitung mulai dari kotak paling bawah di sisi buah putih hingga paling atas di sisi buah hitam.

Jadi contohnya raja putih secara notasi akan ditulis e1 sementara raja hitam akan ditulis e8. Itu dasar awal mengenal notasi catur.

Chess.com
Chess.com
Lantas bagaimana notasinya jika kita melakukan langkah?

Untuk menggerakkan buah catur caranya sama dengan notasi-notasi catur yang kita kenal, cuman yang membedakan adalah abjad yang mewakilkan nama dari setiap buah catur, misalnya Ratu ke petak d4, notasi Indonesia adalah Rd4 sedangkan notasi internasionalnya Qd4 { Queen to d4 }. Untuk kuda (knight) diwakilkan N karena K sudah diwakilkan untuk raja ( King ).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x