Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengenal Tiga Serangkai Gelap Kepribadian Manusia, Buruk Secara Sosial, Baik Secara Profesional

17 Maret 2021   15:28 Diperbarui: 17 Maret 2021   19:56 184 22 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Tiga Serangkai Gelap Kepribadian Manusia, Buruk Secara Sosial, Baik Secara Profesional
https://toggl.com/

Kira-kira apa kesamaan antara pemimpin Nazi Adolf Hitler, pembunuh berantai Ted Bundy atau Ryan Jombang pembunuh berantai asal Indonesia. Mereka adalah manusia yang memiliki kecenderungan untuk berbuat jahat.

Dalam kehidupan sehari-hari pun perilaku yang dilakukan ke tiga contoh manusia di atas jamak kita temukan, setidaknya kita pernah menjumpai orang yang melanggar norma-norma sosial dan nila-nilai moral dengan terlibat dalam perilaku berbohong, menipu, bahkan hingga merampok dan membunuh.

Perilaku seperti itu, jika diamati secara lebih dekat, akan kita dapati tiga ciri kepribadian khusus yang dimiliki oleh mereka, yakni Narsisme. Machiavelinisme, dan Psikopati.

Menurut, Situs Psychology Today ketiga kepribadian seperti itu disebut sebagai Dark triad Personality atau tiga serangkai kepribadian gelap manusia.

Dalam buku "Teori Kepribadian" yang ditulis oleh Jess Feist dan Gregory J Feist (2010), Kepribadian adalah pola sifat dan karakteristik tertentu, yang relatif permanen baik konsistensi maupun individualitas pada perilaku seseorang, dan ia bersifat sangat unik sehingga dapat digunakan untuk membedakan antara individu satu dengan yang lainnya.

Nah, The Dark Triad Personality  ini merupakan salah satu teori kepribadian yang penelitiannya dilakukan oleh Paulhus L. Delroy dan Kevin. M Williams yang kemudian dituangkan dalam Journal of Research Personality pada Desember 2002.

Sebenarnya teori Dark Triad Personality ini merupakan pengembangan dari Teori Psikologi milik Carl Gustav Jung Psikolog terkenal asal Swiss yang menyatakan bahwa setiap individu memiliki bayangan yang sering kali tidak disadari oleh individu tersebut,dan ia tak melihat bayangan tersebut ada atau bahkan bayangan itu secara sadar berusaha disembunyikan dari diri sendiri dan orang lain.

Paulhus dan Kevin berpendapat, Dark Triad merupakan 3 domain yang banyak dikaitkan dengan kejahatan, meskipun sebenarnya dalam diri setiap manusia ketiga unsur dalam teori itu selalu ada, hanya saja yang dominan muncul dalam kepribadian orang salah satu diantaranya, tetapi dalam beberapa kasus ada individu yang memiliki 3 kepribadian tersebut yang muncul secara bersamaan.

Masing-masing konsep kepribadian Dark Triad, Narsisme, Machiavellianisme, dan Psikopati, memiliki akar sejarah dan definisinya masing-masing. 

Narsisme

Narsisme sendiri berakar dari tokoh Narcissus dalam cerita mitologi Yunani.Ia merupakan seorang pemburu muda yang terpesona oleh kecantikan dan keanggunan dirinya sendiri. 

Konsep narsisme dalam bidang sains selanjutnya dipopulerkan oleh Sigmund Freud melalui karyanya "Ego dan Hubungannya dengan Dunia Luar." Apa yang dilakukan oleh Freud ini menjadi landasan tentang studi terkait narsisme baik dalam bidang psikiatri ataupun psikologi secara umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN