Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Silaturahmi Kita Jalan Terus kok, Bedanya Tak Berjumpa Langsung, Itu Saja

1 Mei 2020   11:58 Diperbarui: 1 Mei 2020   12:20 48 15 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Silaturahmi Kita Jalan Terus kok, Bedanya Tak Berjumpa Langsung, Itu Saja
Tribunnews.com

Pandemi Covid-19 ini memang sukses menjungkirbalikan seluruh kehidupan manusia di dunia ini. Awalnya memang karena urusan kesehatan, namun karena salah satu langkah yang paling efektif dalam mencegah penyebaran virus ini adalah dengan cara  menjaga jarak personal satu sama lain atau  biasa disebut Physical Distancing.

Otomatis, ketika menjaga jarak menjadi sebuah keharusan atau di Indonesia diterjemahkan oleh penguasa dengan nama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka kerumunan atau berkumpul dengan jumlah yang besar menjadi haram hukumnya.

Akibatnya, sekolah-sekolah semua tingkatan dari PAUD sampai kuliah belajar dari rumah, bekerja pun sebagian  kantor mempraktekan bekerja dari rumah atau bahasa populernya Work From Home (WFH).

Bahkan beribadah pun yang biasanya menjadi sebuah kewajiban untuk dilakukan di Mesjid, Gereja atau pun Vihara, kini dilakukan di rumah saja.

Apalagi nongki -nongki cantik di cafe dan Mall itu ya kalau kata urang sunda mah "dicaram heuras" alias dilarang keras.

Pada intinya itu dilakukan untuk menahan laju penyebaran virus corona SARS Ncov-2  penyebab Covid-19.Karena penyebarannya yang sangat cepat dan masif.

Kebijakan pencegahan inilah yang kemudian membuat kondisi sosial menjadi berbeda dan kondisi ekonomi menjadi memburuk. Lantaran kegiatan sosial dan mobilitas manusia lah yang menjadi tulang punggung bergeraknya sektor ekonomi.

Makanya ketika gerak sosial dibatasi yang pertama kena adalah sektor ekonomi, memburuknya ekonomi jika tidak diantisipasi dengan baik oleh pemerintah bisa terseret menjadi masalah politik.

Untungnya kita berada dalam situasi ini, saat teknologi sudah mencapai aras yang cukup tinggi. Sehingga memungkinan interaksi antar personal atau bisnis, bisa dilakukan dengan menggunakan media teknologi.

Kehadiran jaringan Internet 4G sangat membantu memfasilitasi perangkat canggih  sebagai hardwarenya yang compatible dengan berbagai platform aplikasi chatting, media sosial, dan teleconference  sebagai softwarenya.

Untuk teleconference yang memungkinkan kita meeting dalam jumlah  peserta banyak sudah lama tersedia seperti, paling hype saat ini Zoom, Skype, Go to Meeting, kemudian yang harus bayar pun ada seperti Cisco Webex.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN