Mohon tunggu...
Fery. W
Fery. W Mohon Tunggu... Analyst

Penikmat Aksara, Ekonomi, Politik, dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Kalau Urusan Jabatan, Orang Pintar Kadang Kalah Telak oleh Penjilat

21 Januari 2020   09:46 Diperbarui: 22 Januari 2020   04:01 535 19 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalau Urusan Jabatan, Orang Pintar Kadang Kalah Telak oleh Penjilat
Miguelarino.com

Jabatan itu tak perlu di idam-idamkan, biasa saja lah.  Karena jabatan itu terkadang atau bahkan kebanyakan sangat subyektif sifatnya.

Variabel  kriteria untuk meraihnya itu bisa multiple, tak cukup pintar, harus pintar-pintar. Pintar-pintar menjilat apalagi.

Itu sudah menjadi rahasia umumlah, orang sepintar apapun, memiliki attitude se manis apapun. Akan bertekuk lutut dihadapan jabatan oleh penjilat.

Sehebat apapun kita tak akan dianggap apapun, namun ketika setitik kecil aja kesalahan yang dilakukan, akan dilihat sebagai kesalahan luar biasa besar, seolah perusahaan akan kolaps dibuatnya.

Di dunia kerja, sebenarnya hal seperti itu ya lumrah saja, kerap terjadi. Key Performance Indeks (KPI) tercapai,  pintar  akan kalah oleh penjilat meskipun mereka nir karsa dan karya.

Tapi ingat meskipun begitu janganlah membenci atau menjauhi para penjilat, jadikan mereka teman tanpa memperlihatkan kepintaran dan kemampuan kita dihadapan mereka.

Nih, agar tak salah menghadapi mereka, ya para penjilat atasan itu begini  ciri-cirinya:

Pertama, Rajin saat atasan ada. Ya mereka akan bekerja sangat rajin ketika atasan ada disekitarnya. Biasanya mereka akan melakukan pekerjaan apapun bahkan yang bukan merupakan job desk-nya agar terlihat rajin oleh atasan.

Tujuannya yah agar bos menilai si penjilat itu rajin, multitasking, pokoknya mumpuni lah.

Kedua, Manis kaya gula semut dalam berkata-kata.  Nah ini hal lain yang biasanya dilakukan sang penjilat, wajah nya akan dipasang dalam mode manis jika atasan kita ada. 

Jangan tanya mulut, beuh.. kalah lah gula, manis nya. Kata-kata yang keluar dari mulutnya bagi sang atasan itu bisa berbunga-bunga, manis dan terkadang sangat lebay.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN