Mohon tunggu...
Ferry Mulyanto
Ferry Mulyanto Mohon Tunggu... -

Profesi saya sekarang ini adalah sebagai seorang Dosen Informatika di Universitas Pasundan Bandung. Di sela-sela kesibukan mengajar saya juga berperan sebagai seorang System Administrator di Universitas Pasundan yang mengelola seluruh Infrastruktur IT yang ada. Saya seorang Coffee Addict, seluruh tubuh dan jiwa saya bangkit ketika cafein mengalir dalam aliran darah :). Saya menyenangi dunia IT sejak usia 18 tahun, VB adalah bahasa pemrograman pertama saya. Saya terlahir di dunia IT sebagai seorang programmer dengan bahasa C & Java sebagai Basic Skill saya. Hingga akhirnya saya diberikan tugas sebagai pengelola infrastruktur LAB dan menjadi pengelola hardware,software serta server. Saya memutuskan untuk mulai belajar bagaimana menjadi seorang Solopreneur agar mampu menjadikan semua skill yang saya miliki bernilai jual. Saya gabungkan semua Passion saya dalam satu area - Bisnis, IT Skill, Marketing Saat ini saya punya sebuah tim kecil yang selalu membantu saya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan-pekerjaan baik IT maupun online marketing.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

8 Februari 2019   09:35 Diperbarui: 1 Juli 2021   11:02 6646
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apa Itu KRS dan Bagaimana Cara Mengisinya?

Calon mahasiswa tentu asing dengan apa itu KRS. Sistem KRS  memang tidak diterapkan pada pendidikan sekolah menengah. Baca artikel berikut untuk tahu lebih lanjut.

Sistem perkuliahan di Perguruan Tinggi (PT) berbeda jauh dengan sistem pendidikan di SMA/SMK. Setelah menjadi mahasiswa, kamu dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab, termasuk dalam menyusun rencana studi. Itulah sebabnya, kamu perlu tahu tentang KRS atau Kartu Rencana Studi.

Apa itu KRS? KRS adalah sebuah lembar khusus berisi daftar mata kuliah yang akan kamu ambil pada satu semester. Pengisian KRS biasanya dilakukan pada awal tiap semester. Selain mata kuliah yang diambil dan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester), terdapat pula informasi data mahasiswa, berupa nama, Nomor Induk Mahasiswa, fakultas, jurusan, dan tahun masuk kuliah.

Fungsi KRS

Sebagai mahasiswa, kamu wajib mengisi KRS jika ingin mengikuti perkuliahan pada semester yang akan berlangsung. Jika tidak, data-data kamu tidak akan terekam di database kampus untuk semester tersebut sehingga dianggap cuti. Akibat fatalnya, kamu tidak boleh mengikuti kegiatan perkuliahan apa pun dan terancam terlambat lulus.

Baca juga: Curhatan Kecil Mahasiswa, Kala Pertama Kali Menyusun KRS

Mengapa kamu harus memahami apa itu KRS? Salah satu manfaatnya adalah supaya kamu mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perkuliahan pada semester baru. Sesuai namanya, KRS merupakan rencana atau strategi yang perlu kamu susun seefisien mungkin. Melalui pengisian KRS, kamu bisa menentukan jumlah mata kuliah yang akan diambil.

Lembaran ini akan sangat kamu perlukan pada kegiatan perkuliahan. Pasalnya, KRS merupakan bukti bahwa kamu telah mengambil sejumlah mata kuliah wajib. Bahkan, salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) adalah memiliki KRS pada semester yang sedang berjalan.

Cara Mengisi KRS

Ada dua cara yang umum dilakukan untuk mengisi KRS, yaitu secara manual dan secara online. Cara manual biasanya melibatkan data-data fisik, seperti dokumen cetak dan melakukan face to face dengan pihak administrasi kampus. Seiring dengan perkembangan teknologi, pengisian KRS kini lebih banyak dilakukan secara online atau melibatkan internet.

Baca juga: Kisah Mahasiswa Urus KRS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun