Mohon tunggu...
Ferry Alamsyah
Ferry Alamsyah Mohon Tunggu... Penulis - Digital Marketing

Founder (Olshopinbae, Sandal Bandung, Ferrymarket) | Digital Marketing | Dropshipper | Blogger | Membangun usaha berbasis digital | Kontak: halo@ferry.biz.id

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

10 Tahun Ngeblog, Kisah Blogger Dungu

6 Desember 2020   00:21 Diperbarui: 6 Desember 2020   00:23 316
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Pexels.com/gratisography

Dalam dunia tulis-menulis yang di sebut "Blogger" adalah mereka yang membuat suatu tulisan apapun itu di platform Blogspot yang disediakan gratis oleh Google. 

Entah siapa yang memulai penyebutan "Blogger" di nisbatkan kepada penulis media online berplatform Blogspot, yang jelas komunitas Blogger itu nyata adanya. 

Jika memang demikian mungkin saya (penulis) termasuk seorang Blogger 'senior' karena saya sudah mengenal dunia tulis-menulis di platform Blogspot lebih dari 10 tahun. Tepat tahunnya saya lupa, seingat saya waktu memulai tulisan di platform Blogspot pada saat di rezim Presiden SBY (susilo bambang yudoyono).

Naifnya, jika jujur kepada diri sendiri mungkin saya adalah "Blogger dungu" dari pada Blogger-blogger lainnya. Mengapa demikian? Secara, saya menjadi seorang Blogger selama lebih dari 10 tahun tetapi tak menghasilkan apa-apa. 

Jangankan dari segi finansial bahkan hasil karya tulis masih 'secuil'. Seharusnya, ngeblog dalam jangka waktu yang lama tersebut sudah menghasilkan katakanlah uang dari hasil ngeblog dan sudah memiliki karya tulis mungkin ratusan dengan kwalitas tulisan yang bagus. 

Namun lihatlah di Blog pribadi saya www.ferry.web.id saat saya menulis artikel ini, jumlah tulisan yang telah saya terbitkan hanya 66 biji dengan 'usia' Blog yang terbilang masih muda dan parahnya lagi dalam meng-costum domain belum genap 5 bulan yang lalu itu pun hanya domain WEB.ID

Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut penyebab yang menjadikan saya seorang Blogger dungu:

1. Tidak bertanggung-jawab

Entah sudah berapa jumlah Blog yang telah saya buat, mungkin jumlahnya mencapai puluhan sampai-sampai saya sendiri lupa dengan nama-nama Blog yang telah saya buat.

Blog yang saya buat bukan hanya di platform Blogspot, saya pun membuat Blog di platform Wordpress, Blogdetik yang sekarang telah tutup, Blog Mobile sekarang telah tutup seperti Mywapblog dan satu lagi platfrom Blog Mobile 'made in' lokal hasil karya anak bangsa tapi saya lupa namanya. bahkan saya pernah bikin Blog jenis Hosting dengan domain khusus.

Dahulu sebelum saya mengenal Blog ber-platform Blogspot, saya lebih dahulu mengenal Blog ber-platform Wordpress. Mungkin karena saat itu saya masih terbilang baru mengenal dunia ngeblog jadi agak sedikit 'norak', Blog-blog yang saya buat malah di tinggalkan segitu saja lalu bikin Blog baru, begitu dan begitu seterusnya. Alasan lain yang seenaknya bikin Blog banyak tapi tak bertanggung-jawab setelah Blog selesai dibuat langsung di tinggal adalah faktor gratis alias gretongan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun