Mohon tunggu...
Ferosya Surya
Ferosya Surya Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Perjuangan Merintis TPA

8 Desember 2017   08:29 Diperbarui: 8 Desember 2017   09:04 323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Setiap pribadi pasti pernah mengalami kesuksesan dalam hidupnya. Kesuksesan tersebut tentunya memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap orang. Kesuksesan yang didapatkan tidak datang dengan sendirinya, diperlukan suatu perjuangan untuk dapat meraih kesuksesan. Berawal dari sebuah kemauan kuat yang menjadi dorongan untuk melakukan sesuatu yang kita yakini dapat berguna bagi kita di kemudian hari. Diperlukan juga sebuah keyakinan dan pola pikir yang positif, agar bila suatu saat keinginan kita tidak terpenuhi kita tidak putus asa dan menyerah, melainkan semakin terpacu untuk berusaha dan berdoa lebih baik lagi. Pada essay ini saya ingin menceritakan kesuksesan terbesar dalam hidup saya dan apa arti kesuksesan tersebut bagi saya.

Waktu saya kecil setiap ditanya orang tua, pak guru, bu guru tentang cita-cita pasti jawabannya ingin menjadi guru. Waktu saya duduk di bangku SD, saya mainan guru-guru an dan boneka sebagai muridnya, dengan menggunakan papan tulis dan seolah olah saya menjadi guru di SD. Disitulah saya termotivasi ingin menjadi seorang pendidik dan selalu berusaha untuk mewujudkan impian dan cita-citaku sejak kecil.

Untuk mewujudkan cita-citaku tersebut saya memulai dengan mencintai anak-anak setulus hati, melalui aktif di masjid kebetulan di masjid dekat rumah di programkan adanya TPA dan saya dipercayai oleh Takmir Masjid untuk mengelola TPA tersebut bersama teman-teman. TPA Masjid dilaksanakan setiap hari Senin-Kamis pukul 17.00-19.00 WIB dengan jumlah santri kurang lebih 40 anak dan 10 ustadz/ustadzah. Setiap satu bulan sekali ada pertemuan wali santri bersama ustadz/ustadzah membahas tentang perkembangan anak-anak di TPA Masjid. Dengan santri yang berbeda-beda usia mulai dari yang belum sekolah, PAUD, TK, dan SD.

Kegiatan TPA Masjid meliputi mengaji, materi tentang Agama Islam, menggambar/ mewarnai, berlatih menabung, hafalan surat-surat pendek, hafalan do'a sehari-hari, dan menanamkan kewajiban untuk sholat 5 waktu berjama'ah. Dan satu bulan sekali ada jalan-jalan dan bermain di taman bermain. Untuk daya tarik anak-anak, kami adakan pembagian snack setiap hari untuk subsidi snack tersebut dari wali santri TPA.

Visi Misi diadakan TPA Masjid untuk menghasilkan generasi-generasi Qurani yang suka membaca Al-Qur'an, menghafalkannya serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ingatlah hadits Rasulullah SAW "Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya" (H.R. Abdul Bar).

Demikian yang dapat saya bagikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan menjadi motivasi, semangat bagi kita sehingga apa yang kita lakukan dalam hidup ini benar-benar berarti, semoga meningkatkan keikhlasan dan mempertebal keimanan kita dengan senantiasa bertawakkal kepada Allah SWT. Amiinn...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun