Mohon tunggu...
Milkyway Queen
Milkyway Queen Mohon Tunggu... Lainnya - poem

Have a nice day, yeorobunn xd

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ditolak Banyak Kampus, Depresi, dan Akhirnya...

9 Desember 2020   20:05 Diperbarui: 9 Desember 2020   20:08 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

HAIII KALEANNNNN!!!!!!!

Hehe :)  Gimana-gimana kelas 12 nya? masih aman? atau udah berasa meninggoy?

Queen mau sharing dan ngasih sedikit tips buat kalian. Apalagi yang udah kelas 12, mungkin aja ini bisa jadi motivasi buat kalian.

Semoga aja gak ngebosenin lah yaa. Aku kasih tau yaa, gila, kuliah gak seindah FTV guys! Sedih. Keknya di FTV tuh kuliah pacaran doang. Nah rl nya, yakali guyss setiap hari tugass Ya Allah. Mau sumpah-sumpahin gurunya tapi gak boleh dong, dosa besar. Jadi cuma bisa menghela napas dan ya gituulah. Mana aku bukan anak rajin lagi. :`) . Tapi nikmati aja lah :v

Beberapa atau bahkan banyak dari kalian pasti bingung banget "Sebenernya aku nih mau masuk apa? Mau kuliah dimana?" Apalagi yg keinginannya bertentangan sama ortu. Iya kan? Sama, aku juga.

Aku pingin banget masuk kedokteran. Tapi mereka gapeduli. Boro-boro dikasih tau "Nduk jangan kedokteran soalnya...." langsung akunya yang gak dihirauin. Aku diabaikan broo! Sedihh? BANGETT!!!!. It`s my dream. Why ??? aku kesel, marah sama mereka. Tapi bisa apaa? Aku udah rayu2 dan gaada hasil. Oke mungkin bukan jalannya. Dipikiranku cuma ada 2 doang. Kalau gak kedokteran aku linjur. Yep! Aku ada planning ke bisnis internasional. Udah ikut bimbingan soshum juga. Kalian tau. Aku udah belajar soshum, beli bukunya. Awalnya ortu ku okay2 aja. Tiba-tiba dibilang gini akunya "Kak buat apa kamu belajar saintek ujung-ujungnya ke soshum?" JLEB. Maksudnya apa? Udah gak enak firasatku. Dan beneran dong, mereka gasetuju. Wth! Nangis mewek aku. Beberapa hari tiap malem nangis diem-diem di kasur. Dan ya, aku males-malesan jadinya. TO kukerjain asal-asalan, gapeduli orang bilang apa.Sampai akhirnya sadar dikit, aku gaboleh nyerah. Meskipun otakku gak seencer temen-temen yang laen, harus tetep berusaha lah. Itu yang aku pikirin. Hahahahahhaahahha.

So, buat kalian keep fighting, sayangg!!! Meskipun gabisa, udah gass aja. Kalian orangnya males? It`s okay. Siapa sih yang tau takdir. Jalani aja. Tapi jangan lupa, Allah ga akan mengubah derajat suatu kaum jika kaum itu sendiri ga usaha. Iya kan? Jadi udah bisa nyimpulin? Hihii.

Akhirnya tiba tuh tes sbmptn, duh bingung banget suer deh. Aku harus milih ape coba? Oke aku coba ke satu universitas negeri terkenal di kotaku (Fyi : Queen rumahnya Surabaya). Belajar mati-matian. Ikut TO online sana sini. Beli buku-buku penunjang. Dannn.. GAGAL!. Coba lagi mandiri ke kurang lebih 5-6 universitas negeri, gak keterima juga. Finally,aku coba umptkin, dan itu malah yg ketrima, seneng sih, tp kenapa uin ? Disitu aku udh mental down parah... Aku gatidur berhari, nangis, gapeduli mama papaku, diotakku 'I just wanna be me' biarin ortuku mau apa, marah kek, apa kek, gapeduli.

Aku salahin diri aku, anything like that pokonya.. daannn puncaknya.. papaku mukul aku, ya gaseberapa tapi aku kaget dong. Papaku bilang, "Dengan kek gini emang kamu bisa masuk univ impian kamu ? Kamu malah nyakitin ortu."

Degg! Nangis lagi.

Yg bikin aku down adalah dari semua usahaku, kenapa gak sesuai dengan planing?. Mulai dari kedokteran dan soshum yang ditolak sampai akhirnya aku punya sedikit keinginan dalam ranah saintek. Dan semuanya nothing guyss! GAADA HASILNYAA. Itu yg bikin aku marah. Gengsi parah. Ya! Aku gengsian. Apa yang aku harapin dari kecil selalu terpenuhi. Dan baru sekarang aku dislap sama realita. Ga semua apa yang kita harapin akan terkabul.

Setiap liat temenku pasang twibbon aku minderr sangat, mereka di universitas bagus dan aku di uin?. Buat pasang twibbon pertamaku, aku harus perang sama diri sendiri. Setiap orang tanya keterima dimana? Itu tekanan. Karena gengsiku yang tinggi ngalahin tingginya Chaenyeol. *canda eh.

Butuh waktu untuk bisa nerima ini. Aku ga muncul misal temen-temen rame di grup. Aku kek menghilang. Karena aku iri. Aku gamau aku marah-marah gajelas karena iri sama univ mereka.

DAN NO!!!. Aku harus bisa batesin diri aku!

Ya ini memang jalannya. Allah gak mau ngasih aku jalan tol, bruh. Karena Allah ga mau aku jadi sombong. Gamau aku jadi lupa diri. Gamau aku jadi jauh sama-Nya. Setiap kesulitan pasti ada jalannya. YAKIN. Entah jalan yang mulus atau bolong-bolong. 

Beberapa tips dari aku nih ketika kalean bingung mau jurusan apa :

  • Ngobrol sama ortu. Yang gadeket sama ortu, bisa ke guru yang deket ama kalian atau ke bk, actually temen terdekat kamu bisa banget jadi tempat meminta saran (kek menurut mereka gitu, kamu nih cocok diapa kalau diliat-liat)
  • Banyakin tahajud. Sumpah ini WAW banget
  • Istikhoroh pastinya
  • Kenalin diri kamu. Kamu high score dimapel apa, kalau mapel itu kalean suka aku saranin GASS!!.
  • Kalau kalian orang yang takut resiko, kalian bisa coba liat rata-rata nilai kalian mulai dari kelas 10, high score dimana? Atau nggak kalian bisa milih jurusan dengan peluang besar tapi tetap dibutuhkan

Itu doang saran aku buat kalian untuk milih jurusan.

Gengsi tuh boleh. Asal gengsi dalam keburukan. Belajar bukanlah suatu bidang dimana kita harus nempatin gengsi. Cause what? Belajar bisa dari siapapun, apapaun, dan dimanapun. Kenapa sih harus gengsi? Aku tanya sama diriku sendiri. Kenapa? Apa yang didapetin? Sosial yang tinggi? Jadi seleb? Dihh!!! PLEASE, KALIAN HARUS JAUHIN PEMIKIRAN BARUSAN. DEMI APAPUN, KALIAN BAKAL NYESEL KALAU NURUTIN PEMIKIRAN DI ATAS.

 Bolehh kok kalau mau jadi seleb, terkenal, high class, tapi ya harus sadar diri. Kalian siapa? Duit dapet dari siapa? Dirawat siapa? Punya tabungan berapa? Udah bisa naikin haji ortu belum? Udah hafal Al-quran? HEMMM :`)

 Kalau hidup gengsian, mati gimana? Di akhirat gak diurutin dari siapa yang paling high class ke yang cupu.

 Insecure itu pasti, tapi banyakin bersyukur!

Kalau nanti kalian gagal, sbm ga keterima, mandiri gaada yang nyantol, umptkin ga keterima juga, KECEWA PASTI GUYS, TAPI PERCAYALAH, DIBALIK KEKECEWAAN, KEGAGALAN, DAN AIR MATA YANG KALIAN KELUARKAN, ADA KENIKMATAN YANG SEDANG NUNGGU KALIAN DI DEPAN. JUST BE BRAVE N BE GRATEFUL!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun