Mohon tunggu...
Fernanda Putra Aditya
Fernanda Putra Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa

Seorang Mahasiswa yang Memiliki Hobi Kepenulisan dan Mencurahkan Opininya dalam Bentuk Tulisan

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Urgensi Penguatan Nilai Bela Negara di Masa Globalisasi

13 Januari 2021   14:15 Diperbarui: 13 Januari 2021   14:20 215 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam konstitusi kita telah tercantum secara gamblang bahwasanya setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara seperti yang tercantum pada Pasal 27 Ayat (3) UUD NRI 1945. Selain itu pada Pasal 30 Ayat (1) UUD NRI 1945 juga telah disebutkan bahwa tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara. Dari kedua dasar hukum yang tercantum pada konstitusi tersebut, maka dapat dikatakan bahwa upaya bela negara merupakan suatu kewajiban bagi seluruh rakyat.

Definisi bela negara sendiri menurut Wantannas (Dewan Pertahanan Nasional) adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD NRI 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya. Jika kita telisik lebih dalam lagi definisi diatas, maka jika bela negara ini mampu dimaknai dengan dalam oleh seluruh rakyat Indonesia maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang mampu bersaing di tingkat global serta meminimalisir potensi perpecahan di dalam negeri.

Nilai nilai bela negara memiliki peranan penting untuk menunjang tujuan seperti yang saya sebutkan diatas, dimana jika nilai bela negara ini mampu untuk disosialisasikan dan diterapkan dengan maksimal oleh masyarakat, potensi yang dimiliki oleh Indonesia akan mampu terangkat dan menjadi sebuah pelumas bagi Indonesia untuk bertaring di dunia internasional.

Sebagai contoh, salah satu nilai bela negara adalah rela berkorban demi bangsa dan negara. Bayangkan jika nilai tersebut diterapkan, maka tidak akan ada yang namanya perpecahan dengan latar belakang SARA, tindak pidana KKN, dan bekerjasama dengan asing untuk keuntungan pribadi, yang ada hanyalah jiwa patriotik masyarakat dengan tujuan yang sama yaitu memajukan bangsa Indonesia serta akan terbentuk sistem pemerintahan yang sehat dan akuntabel.

Tugas kita saat ini adalah mengajak serta mensosialisasikan tentang pentingnya nilai bela negara ini kepada masyarakat luas, dimulai dari lingkup terkecil yaitu diri kita sendiri agar kita dapat menerima perbedaan yang ada di Indonesia, serta menganggap perbedaan ini sebuah potensi untuk menjadikan Indonesia bangsa yang kembali jaya dan dipandang di mata dunia.

Merdeka !

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x