Mohon tunggu...
Fernanda AdiFirmansyah
Fernanda AdiFirmansyah Mohon Tunggu... jakartans

hidup indah tanpa stigma

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Peranan Konvergensi Media bagi Khalayak

7 Mei 2021   02:20 Diperbarui: 7 Mei 2021   02:25 28 1 0 Mohon Tunggu...

berbicara tentang media yang semakin hari semakin berkembang. sudah seharusnya kita sebagai pemakai media berita cetak maupun media berita online memakai dan menggunakan media dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhannya. dengan berkembangnya media kita dikaitkan oleh konvergensi media. konvergensi media sendiri merupakan suatu penggabungan media yang sudah ada dengan media yang berkembang yang di gunakan untuk kedalam tujuan yang dapat dinikmati bersama. namun perlu diketahui juga bahwa konvergensi media merupakan gabungan pada media media online dengan bertambahnya fitur suara, vidio dan bahkan mungkin akan lebih maju lagi seiring berkembangnya zaman. 

konvergensi media sendiri juga telah banyak merubah peranan dan peradaban yang baru dalam dunia jurnalistik, salah satunya dengan konvergensi media banyak media media yang saling berkerjasama dalam mencari dan menyajikan berita yang baik dan berbobot. konvergensi media juga merubah perusahaan industri media menjadi lebih baik lagi salah satu contohnya dengan dari media cetak menjadi media elektronik dan media internet. itu juga merupakan salah satu wujud konvergensi media yang ada dan nyata kita rasakan sebagai khalayak umum dalam mencari berita yang terupdate bahkan berita yang telah lewat pun bisa kita bisa baca kapanpun, dan dimanapun. secara tidak langsung juga konvergensi media telah mencapai titik dimana para perusahaan industri media telah dimudahkan dalam melakukan pembuatan berita serta penyebaran berita yang akan di sajikan kepada khalayak luas. kini juga peranan media tidak harus dimainkan oleh pihak perusahaan media saja. di tengah era demokrasi kini siapapun kini juga bisa dapat membuat berita tanpa harus tergabung dalam perusahaan industri media, tentu juga ini merupakan suatu keunggulan yang dimiliki oleh konvergensi media, dimana banyak perusahaan media yang mengkonvergensi medianya menjadi media elektronik dan internet. dimana siapapun bisa menjadi seorang jurnalis untuk membuat berita dan menguploadnya di media yang telah ada. jadi ini juga merupakan salah satu keunggulan dari mengkovergensi media. 

namun dengan bebasnya siapapun bisa membuat berita dan menyebarnya. kini banyak dijumpai oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang  membuat berita berita hoax, yang dimana ini sangat menggangu dan sangat merugikan khalayak yang membacanya. ini merupakan salah satu kelemahan konvergensi media yang harus bisa di atasi bersama bukan hanya dari kalangan pemerintah, perusahaan industri media, namun juga merupakan kesadaran yang harus bisa dilakukan oleh siapapun dalam membuat suatu berita yang valid dan betul akan kebenarannya. maka kini khalayak juga harus lebih pintar lagi dalam memilih berita yang disiarkan dalam media cetak, bahkan media online sekalipun. karena dengan kesadaran kita dalam membaca dan menentukan berita hoax atau berita yang belum tentu jelas akan kebenarannya. bukan itu saja dengan adanya konvergensi media ini kurangnya akan berinteraksi sosial secara langsung akan berkurang, mengapa demikian. kini untuk melepas rindu akan orang tua yang jauh berada di kampung halaman kini bisa dengan mudah melihat wajahnya secara virtual dengan melakukan vidio call, padahal sebelum adanya vidio call seseorang harus menempuh waktu berjam-jam untuk bertemu atau bertatap muka secara langsung.

konvergensi media memang memiliki dampak positif dimana dapat memudahkan kita dalam melakukan sesuatu dan mencari informasi dengan mudah, namun konvergensi media juga memiliki dampak negatif bila kita tidak menggunakannya dengan secara bijak. maka dari itu kita sebagai khalayak harus bisa memilih dan mengambil nilai positif dari apa yang kita cari dan apa yang kita butuhkan dalam kemajuan tekhnologi yang sedang terus berkembang, agar nantinya apa yang di dapatkan menjadi suatu informasi baru yang akan dilakukan dan diamalkan dalam kehidupan bersosialisasi sehari-hari. 

VIDEO PILIHAN