Mohon tunggu...
Ferly TiaraPutri
Ferly TiaraPutri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Memasak, Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Perluas Pangsa Pasar UMKM Jambangan, Mahasiswa Untag SurabayaBerikan Sosialisasi Digital Marketing

5 Juli 2022   11:13 Diperbarui: 5 Juli 2022   12:20 36 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

 

Surabaya, 5 Juli 2022, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. BKP MBKM Proyek Kemanusiaan merupakan program yang dirancang oleh prodi Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Ferly Tiara Putri mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang didampingi oleh dosen pembimbing Dr. IGAA Noviekayati, M.Si.,Psikolog melaksanakan kegiatan BKP MBKM Proyek Kemanusiaan di Pusat Studi Kebencanaan dan di tempatkan di RT 05/RW 03 Jambangan yang dilaksanakan mulai dari bulan April hingga Juni. 

Pusat studi merupakan salah satu dari pusat studi yang ada di UNTAG Surabaya didirikan untuk mengemban tugas tridarma perguruan tinggi sehubungan dengan bencana.

Dokpri
Dokpri

Melalui program BKP MBKM Proyek Kemanusiaan, Ferly memberikan sosialisasi tentang digital marketing, sasaran pada program ini ada pelaku UMKM RT 05/RW 03 Jambangan. Dari permasalahan yang muncul, para pelaku UMKM di wilayah RT 05/RW 03 Jambangan Surabaya saat ini mereka belum juga memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai toko penjualan online. 

Maka dari itu, dalam rangka membantu pelaku UMKM di wilayah RT 05/RW 03 Jambangan Surabaya untuk meningkatkan serta memperluas pangsa pasar dalam melakukan pemasaran produk, Ferly melakukan pengabdian pada masyarakat dengan program "Sosialisasi Digital Marketing dengan Pelaku UMKM RT 05/RW 03 Jambangan Surabaya". 

Adapun tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan wawasan, melatih dan menstimulasi para pelaku UMKM RT 05/RW 03 Jambangan Surabaya dalam penggunaan digital marketing.

Sharing session (Dokpri)
Sharing session (Dokpri)

Program ini dilaksanakan pada Sabtu (11/06/2022) di balai RT 05 Jambangan. Dalam pelaksanaan program total peserta 15 orang, dengan rerata peserta yang datang kelompok usia pertengahan (45-59 tahun). 

Pelaksanaan program ini dilakukan dengan memberikan lembar pre-test terlebih dahulu untuk mengukur pengetahuan sebelum kegiatan di mulai, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan metode presentasi tentang informasi digital marketing serta dibagikannya leaflet sebagian materi dari digital marketing ini, sharing session dengan mendatangkan pelaku UMKM dari luar yang bergelut dibidang kuliner, antusias yang tinggi dan interaksi peserta dengan narasumber sangatlah erat, narasumber menjelaskan pengalaman dari mulai titik nol sampai saat ini. 

Para peserta merasa termotivasi dengan adanya sharing session ini, selanjutnya peserta mempratikkan pembuatan akun media sosial dan e-commerce, kemudian sesi terakhir dilanjutkan pengisian post-test, foto bersama sebagai penutup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan