Mohon tunggu...
Ferina Maya
Ferina Maya Mohon Tunggu... Mahasiswa - pembelajar

sedang belajar membaca dan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Diary

KKN UPI 2021: Memberi Secercah Warna di SDN Cipinang Cempedak 02

1 Agustus 2021   02:09 Diperbarui: 1 Agustus 2021   07:21 223 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN UPI 2021: Memberi Secercah Warna di SDN Cipinang Cempedak 02
Foto: Dokumentasi Pribadi

Telah lebih dari setahun berlalu sejak pertama kali COVID-19 mampir ke bumi. Tentunya negeri kita, Indonesia, menjadi salah satu destinasi yang dijelajahi oleh virus tersebut. Dengan kehadiran COVID-19, seperti yang kita semua telah ketahui, kegiatan seluruh penduduk Indonesia jadi dibatasi sampai saat ini. Salah satu bidang yang menuai dampak ini adalah bidang pendidikan

Sejak 1 Juli 2021, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang didedikasikan untuk membantu penanggulangan dampak COVID-19, terutama di bidang pendidikan dan ekonomi. Penulis adalah salah satu mahasiswi UPI yang tersaring dalam KKN UPI gelombang 1. Karena mendapatkan kesempatan untuk mengabdi kepada masyarakat di sekitar lingkungan rumah, tanpa berpikir panjang, penulis memilih untuk berkontribusi di bidang pendidikan. 

Pada Jumat (2/7/2021), penulis melakukan survey ke SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi. Penulis merasa bahwa sekolah tersebut merupakan sekolah yang strategis untuk melaksanakan KKN. Saat itu sekolah sangat sepi karena semua perangkat sekolah hanya boleh datang ke sekolah apabila ada urusan yang amat genting. Di hari itulah penulis berkenalan dengan seorang guru yang akrab dipanggil Ibu Nur. Setelah mendengar maksud kedatangan penulis ke SDN Cipinang Cempedak 02, Bu Nur menelepon kepala sekolah SDN Cipinang Cempedak 02 untuk memberitahu apa yang telah beliau dengar dari penulis. Hasil dari percakapan antara Bu Nur dengan kepala sekolah tersebut menginstruksikan penulis untuk kembali datang ke SDN Cipinang Cempedak 02 pada Rabu (7/7/2021) untuk bertemu dan meminta izin langsung kepada kepala sekolah.

Berhadapan dengan kepala sekolah, penulis memberikan surat pengantar dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI) sembari meluncurkan permohonan izin melaksanakan KKN di SDN Cipinang Cempedak 02. Bersyukurlah penulis ketika langsung mendapatkan sambutan hangat dari kepala sekolah. Kalimat kepala sekolah yang masih melekat di benak penulis saat beliau memberikan izin adalah, "Saya paham bagaimana rasanya menjadi mahasiswa karena saya pun pernah merasakannya. Oleh karena itu, saya izinkan mbak Ferina untuk melaksanakan kegiatan (KKN) di SD kami."

Foto: Dokumentasi Pribadi
Foto: Dokumentasi Pribadi

Di hari yang sama dengan pengajuan izin tersebut, seorang staf sekolah langsung meminta bantuan penulis untuk menyusun dan mendata buku yang hendak dibagikan untuk para siswa kelas 1 dan kelas 2 tahun ajaran 2021/2022. Saat itu kebetulan semester baru belum dimulai karena masih masa liburan akhir semester sekaligus penerimaan siswa baru. Penulis dengan senang hati memenuhi permintaan tersebut.

Pada Kamis (8/7/2021) dan Jumat (9/7/2021), para orang tua dan wali dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 diundang oleh pihak SDN Cipinang Cempedak 02 untuk mengembalikan dan mengambil buku paket yang dipinjamkan oleh sekolah. Penulis turut diundang untuk membantu pengembalian dan pengambilan buku tersebut. Bagi penulis yang biasanya berada dalam posisi peminjam, kegiatan hari itu merupakan pengalaman yang amat baru dan dengan itu, penulis jadi mengetahui bahwa peran orang-orang yang terlibat dalam kegiatan peminjaman dan penerimaan buku itu patut dihargai karena mereka sangat membutuhkan konsentrasi, ketelitian, kecekatan, serta tenaga dalam waktu yang bersamaan. 

Penulis tengah memilah dan memeriksa buku yang baru dikembalikan.
Penulis tengah memilah dan memeriksa buku yang baru dikembalikan.

SDN Cipinang Cempedak 02 sebenarnya hampir selalu memiliki reputasi yang baik. Setiap tahun sekolah jenjang dasar ini selalu digandrungi oleh para orang tua murid. Namun, entah mengapa, pada tahun ajaran kali ini, masih terdapat tujuh bangku kelas 1 yang belum menemukan pemiliknya. Hal ini mengharuskan staf administrasi sekolah untuk melakukan segala cara untuk mendapatkan orang yang akan menempati tujuh bangku kosong tersebut. Staf administrasi sekolah hampir dibuat kewalahan karenanya. Oleh karena itu, mereka membutuhkan bantuan untuk mendata para siswa yang telah diterima di SDN Cipinang Cempedak 02. Penulis pun berinisiatif membantu melakukan pendataan tersebut pada Senin (12/7/2021).

Pendataan identitas siswa tahun ajaran baru 2021/2022 SDN Cipinang Cempedak 02.
Pendataan identitas siswa tahun ajaran baru 2021/2022 SDN Cipinang Cempedak 02.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN