Mohon tunggu...
Muhammad ferdirahim
Muhammad ferdirahim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Selalu semangat dan berdoa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Tata Kelola Global Lingkungan

20 Januari 2022   09:39 Diperbarui: 20 Januari 2022   09:43 45 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Nama:muhammad ferdi rahim

Prodi:ilmu politik

Environmental Governance Ini adalah interaksi multi-level antara implementasi tingkat lokal, nasional, dan bahkan dunia di bidang kebijakan  lingkungan yang ditujukan untuk  pembangunan berkelanjutan. 

Meningkatnya angka kejadian, termasuk pembalakan liar, polusi asap dan masalah lingkungan lainnya, telah berkontribusi pada munculnya  konsep pembangunan hijau. 

Eksploitasi sumber daya yang tidak terkendali tidak hanya menyebabkan kekurangan sumber daya, tetapi juga dapat menyebabkan kualitas lingkungan yang buruk. Tentu saja kerusakan lingkungan yang terjadi sangat berbahaya bagi kelangsungan dan kehidupan ekosistem tersebut. 

Oleh karena itu, untuk menghilangkan (dampak) kerusakan hingga perusakan lingkungan, diperlukan langkah-langkah pengaturan untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan dengan sifat preventif. 

Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lingkungan Manusia  atau Konferensi Stockholm  adalah KTT Dunia pertama yang membahas masalah lingkungan dan pembuatan perjanjian lingkungan global. Konferensi Stockholm adalah medan perang penting untuk melindungi kepentingan nasional  yang saling bertentangan.

Menariknya, 20 tahun setelah Konferensi Stockholm, ketegangan menghilang secara signifikan.

Barry Buzan (2004) telah mengembangkan masyarakat internasional menjadi enam spektrum yaitu asosial,konflik, koeksistensi, kooperatif, konvergensi dan konfederasi.

Alih-alih menggunakan konsep Buzan, penelitian ini akan menggunakan pluralisme dan solidaritas sebagai alatnya untuk menganalisis secara kritis Konferensi Stockholm dan Konferensi Rio.

Stockholm Conference: Developed vs. Developing Countries

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan