Mohon tunggu...
Fennessa Mamangkey
Fennessa Mamangkey Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Fennessa Sophia A.M

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Cara untuk Tetap Rajin Belajar di Rumah Aja

27 Juli 2021   09:18 Diperbarui: 27 Juli 2021   09:36 45 2 0 Mohon Tunggu...

Sudah genap satu tahun semua siswa sekolah melakukan pembelajaran secara daring. Hal ini dikarenakan virus Covid-19 yang menjadi pandemi berkepanjangan dan menjadi momok bagi semua orang. Banyak siswa yang mengeluh akibat sistem pembelajaran online yang tidak efektif. Lalu, bagaimana cara untuk belajar tetap efektif meskipun di rumah saja? Yuk disimak.

Buatlah tempat belajar yang senyaman mungkin. 

Tempat belajar merupakan salah satu hal terpenting dalam membuat kita bisa fokus belajar. Dengan tempat belajar yang tidak nyaman, maka bisa menimbulkan gangguan dalam belajar. Buatlah senyaman mungkin meja belajar yang kalian gunakan. Seperti menanta buku-buku, alat tulis dan laptop dengan rapi.

Belajar sesuai dengan gayamu sendiri. 

Carilah gaya belajar yang sesuai agar belajar tetap bisa efektif. Cara ini mungkin agak sulit dikarenakan biasanya gaya belajar selalu berubah-ubah, namun kalau sudah menemukan gaya belajar sendiri maka semuanya akan lebih mudah. Perbanyak mencoba gaya belajar yang baru agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Belajar di waktu yang tepat. 

Dengan belajar di rumah membuat waktu belajar menjadi lebih fleksibel. Kita bisa mengatur waktu sesuka hati. Tetapi yang tetap harus diperhatikan adalah pilihlah waktu belajar yang membuat lebih fokus untuk memahami materi. Pemilihan waktu sangat pentinga karena setiap orang memiliki waktu fokus yang berbeda-beda. Ada yang pagi bisa fokus atau di malam hari baru bisa fokus dalam memahami materi.

Jangan menunda-nunda untuk belajar. 

Meskipun kita bisa mengatur waktu sesuai dengan apa yang kita mau, tetapi kita tidak boleh menunda-nunda dalam waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan penyakit malas yang terus tumbuh untuk belajar. Ketika ada tugas biasakan untuk langsung dikerjakan agar tidak lupa atau malas untuk mengerjakan.

Istirahat yang cukup. 

Ketika kita memforsir diri kita untuk belajar terus menerus, maka hal ini akan membuat kita mudah lelah dan akhirnya belajar pun jadi tidak efektif. Tidur dan istirahat yang cukup merupakan hal yang penting dalam menyimpan informasi dalam otak. Dengan istirahat yang cukup dapat membuat kita lebih fokus dan mengingat materi pelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN