Mohon tunggu...
Feni Nur Fauziyah
Feni Nur Fauziyah Mohon Tunggu... feninf

Never Stop Learning, Because Life Never Stop Teaching

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Pesona Negeri di Atas Awan

1 Desember 2020   12:00 Diperbarui: 1 Desember 2020   12:15 48 8 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pesona Negeri di Atas Awan
Dokumen Pribadi

Saat mendengar kata 'Dieng' tentu bagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi, apalagi Dieng merupakan tempat wisata yang sangat populer di wilayah Jawa khusunya Jawa Tengah.

Secara geografis, kawasan dataran tinggi Dieng sebenarnya terletak di 6 wilayah administrasi, yaitu Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Tegal. Namun, kawasan wisata dataran tinggi Dieng yang banyak dikenal berada di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

Saat sampai disana jangan khawatir masalah penginapan, karena banyak sekali homestay yang menyediakan tempat penginapan. Bisa dipilih mau yang mewah atau sedang, harga pun bervariasi.

Apasih yang dicari saat bertandang ke Dieng? Sudah pasti golden sunrise yang ada di puncak sikunir. Para pencari golden sunrise sudah pasti rela berjalan di pagi buta kira-kira mulai pukul 02.30 dan mendaki sejauh 600 meter untuk sampai di pos 1 dan ditambah 200 meter untuk sampai di puncak sikunir. Tenang saja, bagi yang merasa lelah mendaki bisa berhenti di pos 1, disana pun bisa melihat golden sunrise. Namun, akan lebih menakjubkan bila berhenti sampai di puncak sikunir. Saat sampai di puncak dengan ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut, tentu tak akan habisnya untuk memuji kebesaran Tuhan Yang Maha Esa, betapa terpesonanya saat melihat cantiknya golden sunrise yang muncul.

Siapa yang tak akan terpesona jika pemandangan yang dilihat adalah awan-awan yang berjejer layaknya lautan? Ditambah dengan munculnya matahari yang menampakkan cahaya yang berwarna kuning keemasan. Dari puncak pun dapat dilihat bahwa Dieng dikelilingi 4 gunung, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, dan Gunung Slamet. Jangan lupa siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan momen yang begitu indah untuk dilewatkan.

Kawah Sikidang (Dokumen Pribadi)
Kawah Sikidang (Dokumen Pribadi)

Objek wisata Dieng tidak hanya puncak sikunir saja, ada beragam wisata yang ditawarkan di kawasan Dieng, seperti Batu Pandang Ratapan Angin dan Telaga Warna, Plateu Theater Dieng, Kawah Sikidang, dan Kawasan Candi Arjuna. Jika beruntung, akan bertemu dengan anak berambut gimbal yang memang ciri khas dari Dieng.

Tidak akan ada ruginya jika berwisata ke Dieng. Pesonanya membuat siapa saja yang pernah bertandang pasti akan merasakan rindu untuk kembali.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x