Mohon tunggu...
Fendi Pradana
Fendi Pradana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa yang gagal meraih prestasi akademik. Setelah itu, memilih kejalan yang menjijikkan dan menyeramkan seperti sampah. Sampah kampus yang menyelamatkan diri dari lingkungan yang nyaman...

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Benarkah BEM Amnesia akan Visinya?

12 Oktober 2019   21:19 Diperbarui: 12 Oktober 2019   21:24 0 4 1 Mohon Tunggu...
Benarkah BEM Amnesia akan Visinya?
sumber gambar: KOMPAS

"Lantas? Apalah artinya BEM jika tidak memberi manfaat kepada mahasiswa, yang hanya menjadi pelengkap struktur di perguruan tinggi. Hal itu terkesan formalitas dan lari dari tujuan Badan Eksekutif Mahasiswa sehingga kinerjanya tak ubahnya Badan Event Manajemen"

Tulisan ini saya tujukan kepada yang terhormat Presiden Badan Ekseskutif Mahasiswa (BEM) STIE Mandala Jember, saudara Imron Syahroni beserta jajaran kepengurusan yang telah dilantik sebagai organisasi tertinggi dan terpimpin.

Saya masih ingat visi misi yang di sebutkan secara eksplisit didepan mahasiswa pada konggres beberapa bulan lalu, Secara tegas Presiden BEM menyampaikan penuh tanggung jawab akan mengemban amanah kemahasiswaan serta membawa nama baik Almamater STIE Mandala Jember baik ditingkat regional maupun nasional.

Secara umum Badan Eksekutif Mahasiswa atau lebih dikenal dengan sebutan BEM ini merupakan sebuah organisasi yang dilegitimasi sebagai organisasi kemahasiswa resmi intra kampus yang menjalankan tugasnya sebagai lembaga eksekutif di tingkat Universitas, Institut dan Perguruan Tinggi. 

Maka dengan ini BEM sebagai organisasi mahasiswa yang tidak boleh keluar dari rambu-rambu utama tugas dan fungsi tri dharma perguruan tinggi, tanpa kehilangan daya kritis dan komitmen berjuang atas nama mahasiswa bukan atas pribadi atau golongan tertentu. 

Presiden BEM yang terpilih dengan cara kongres, tiada lain untuk mengurusi berbagai kegiatan yang dilaksanakan dan kerja kerja advokasi terhadap mahasiswa demi mencapai tujuan bersama, namum harus tetap sesuai dengan koridor Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Hal ini telah disetujui pada sidang komisi yang diwakili oleh beberapa ketua HMJ, UKM dan UA Kampus diacara kongres beberapa bulan lalu, dengan demikian Badan Eksekutif Mahasiswa mempunyai peran dan fungsi yang cukup vital, yakni sebagai wadah aspirasi mahasiswa, melaksanakan kegiatan mahasiswa, pengembangan minat dan bakat mahasiswa serta bertugas untuk mengawasi dan mengkritisi kebijakan kampus yang menyangkut mahasiswa.

REALITAS YANG TERJADI

Sekarang ini BEM sebagai organisasi bisa dibilang kurang optimal dan tidak komunikatif serta beberapa program kerja yang tidak jelas dan stagnan dalam menjalankan peran dan fungsinya. 

Hal ini dapat kita lihat dari kinerja Presiden BEM yang terhormat saudara Imron Syahroni pada kegiatan yang dilakukan secara tidak totalitas karena dibenturkan dengan alasan kerja dan kesibukan pribadi eksternal kampus, seperti yang telah
kita ketahui. 

Saat pembukaan acara PPSM, Presiden BEM secara sengaja tidak hadir dengan alasan bekerja padahal sebelumnya sudah ada undangan resmi dari kepanitiaan untuk BEM STIE Mandala Jember. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2