Mohon tunggu...
Albert Ardine
Albert Ardine Mohon Tunggu... karyawan swasta -

“Do unto others as you would have them do unto you.”\r\n- Golden Rule -

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Mengunjungi Indonesia International Motor Show (IIMS)

18 September 2013   17:35 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:43 860
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia International Motor Show, atau disingkat menjadi IIMS merupakan pameran sekaligus ajang untuk memamerkan dan menjual kendaraan bermotor roda 4 atau lebih yang diikuti oleh hampir seluruh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia. Ajang IIMS yang diadakan setiap tahun selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar kendaraan bermotor khususnya mobil. Tahun ini IIMS akan diadakan besok tanggal 19-29 September 2013.

Sesuai namanya, International Motor Show tidak eksklusif diadakan di Indonesia saja. Di beberapa negara maju juga mengadakan International Motor Show dengan merek-merek mobil yang tidak familiar dan beredar di Indonesia seperti Opel, Dacia, Buick, Tesla, Pontiac, Acura, Citroen, Skoda, Rolls Royce, dan masih banyak lagi.

Yang saya ingin bahas dari IIMS adalah apa saja yang harus Anda persiapkan jika Anda ingin mengunjungi IIMS, dengan harapan Anda dapat menikmati IIMS semaksimal mungkin.

1. Siapkan uang lebih
Jangan pernah membawa uang hanya untuk tiket masuk. Tiket masuk IIMS tahun ini untuk Senin-Kamis Rp 40,000 dan Jumat-Minggu Rp 60,000. Siapkan uang lebih di dompet Anda untuk uang parkir, kemungkinan Rp 3,000/jam. Kalau Anda lama di dalam pameran saking betahnya melihat mobil, biaya parkir yang harus Anda keluarkan akan tambah besar pula.

Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil, sangat dianjurkan Anda membawa uang lebih atau menyiapkan tabungan di bank. Anda harus membayar Down Payment (DP) sebesar 30% sebelum dapat menikmati sensasi mengendarai mobil yang Anda beli. Belum lagi kalau Anda ingin menginstall bermacam-macam tambahan (add-on) seperti GPS, kaca film, jok, atau aksesoris lainnya. Selain itu tentu Anda juga harus siapkan uang untuk membeli makanan dan minuman.

2. Siapkan waktu yang tepat
Sangat tidak dianjurkan datang ke IIMS saat weekend pukul 11 keatas jika Anda membawa kendaraan bermotor. Alasannya, susah dapat parkir. Dapat parkir saja sudah beruntung.

IIMS saat weekend dimulai pukul 10:00. Jika memang hanya sempat datang di weekend, ada baiknya Anda siapkan waktu untuk tiba di PRJ Kemayoran (tempat IIMS biasa diadakan) pukul 10:00 atau setidaknya pukul 10:30. Diusahakan untuk datang di tanggal awal IIMS diadakan. Semakin dekat dengan hari terakhir IIMS akan semakin ramai yang datang. Waktu yang paling optimal untuk mengunjungi IIMS adalah hari kerja, jika memungkinkan. Dengan begitu Anda dapat leluasa "ngicip" mobil satu persatu.

3. Siapkan tenaga
Pastikan kondisi tubuh Anda fit saat mendatangi IIMS. Anda harus berjalan kesana sini agar bisa menjelajah area pameran. Kursi yang tersedia untuk duduk terbatas jumlahnya. Kalau tidak ada kursi yang tersedia, mau tidak mau lesehan di lantai ubin.

Saat weekend, Anda harus siap bertubrukan sana sini dengan bahu pengunjung lain. Saking ramainya, Anda harus desak-desakan untuk melihat 1 mobil saja. Apalagi area pameran IIMS cukup luas. Jadi jika Anda ingin berjelajah ke seluruh area pameran, pastikan tubuh anda fit, khususnya kaki.

4. Siapkan kesabaran
Kesabaran Anda diuji ketika mencari parkir saat weekend seperti yang sudah saya jelaskan. Selain itu, mungkin Anda ingin test drive suatu mobil. Kalau beruntung, Anda dapat langsung test drive saat Anda meminta. Kalau tidak beruntung, Anda harus menunggu cukup lama sampai ada mobil untuk test drive yang tersedia. Sebagai tambahan, siapkan KTP agar bisa test drive.

Jika Anda datang untuk window shopping dan sekedar cuci mata, tetaplah sabar jika ada karyawan ATPM tertentu yang menghampiri dan mengikuti Anda sambil berpromosi ria. Ada baiknya Anda mengatakan bahwa Anda ingin lihat-lihat dulu agar tidak diikuti terus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun