Mohon tunggu...
Feliya dwitristanti
Feliya dwitristanti Mohon Tunggu... Mahasiswa

mahasiswa pendidikan anak usia dini angkatan 18 iain jember

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Filsafat Ilmu atau Pengembangan Pancasila

11 Desember 2019   12:00 Diperbarui: 11 Desember 2019   12:09 2 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum kakak kakak sosmed di seluruh dunia..

Kali ini saya akan membahasa tentang filsafat ilmu atau pengembangan pancasila .

Nah,, filsafat ilmu dalam relevensi pancasipa ilmu. Ilmu filsafat itu ilmu yang mendasari ilmu ilmu yang lain. Nah ilmu filsafat ialah suatu pemikiran mengenai persoalan persoalan dari segi permasalahan ilmu dalam segi masalah manusia. Filsafat ilmu itu mempunyai keterkaitan dengan nilai nilai pancasila . sebagaimana pancasila di indonesia itu sebagai dasar hukum hukum negara dan di indonesia sebagai pandangan hidup dalam membentuk  watak dan karakter dari warga indonesia dengan apa yang sudah tercantumkan di dalam isi pancasila.

1. Ketuhanan yang maha esa yang artinya tidak membeda bedakan diantara agama agama yang lainnya. Atau berbeda2 tetap satu jua.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab yang artinya bersatu walau berbeda dan saling menghormati satu sama lain.

3. Persatuan indonesia yang artinya dalam sila ini kita diharuskan untuk mementingkan kepentingan negara seperti kita harus menaati peraturan yang ada di negara kita.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang artinya disini disarankan dalam mengambil keputusan harus dengan cara bermusyawarah antar sesama agar tidak ada salah paham satu sama lain.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia yang artinya bahwa kita harus bersatu, sikap adil dalam musyawarah sling menghargai dan menghormati.

Cukup sekian penjelasan kali ini dari saya.. 

Wassalamualaikum wr.wb 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x