Mohon tunggu...
Felix ora
Felix ora Mohon Tunggu... Konsultan - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Lokasi Usaha Oleh-oleh yang Strategis Ini Membuat Ramai Pengunjung

9 Desember 2021   21:17 Diperbarui: 9 Desember 2021   21:18 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yogyakarta --- Sebelum memulai usaha,selain modal yang akan di gunakan lokasi yang strategis juga sangat di perlukan,karena dengan adanya lokasi yang strategis dan mudah di jangkau dapat menjadi usaha tersebut ramai pengunjung.

Pemilihan lokasi yang strategis adalah faktor untuk mempengaruhi kesuksesan dalam sebuah usaha,semakin Strategis nya lokasi yang di pilih semakin tinggi pula tingkat penjualan yang sangat berpengaruh di sebuah usaha tersebut.

Begitu pula  sebaliknya,jika lokasi yang di pilih tidak strategis dan jauh dari lingkungan masyarakat dan konsumen penjualan pun akan menurun.

Usaha oleh-oleh khas Jogyakarta yang di dirikan oleh Taufik Paryudi yang beralamat di Jl. Pramuka No.82, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1921 ini memiliki lokasi yang Strategis sehingga memiliki banyak pengunjung yang berdatangan untuk membeli oleh-oleh khas Jogja usaha Pak Taufik ini.

"Saya membuka usaha ink di Giwangan karena lokasi yang strategis,mudah di jangkau dan Dekat dengan Sekolah maupun Universitas sehingga Konsumen dapat lebih mudah membeli oleh-oleh khas Jogja  dari usaha saya" ujar Pak Taufik.

Tidak hanya itu,Pak Taufik Paryudi selaku pemilik usaha oleh- oleh ini juga memberikan tips untuk memilih usaha yang strategis,agar usaha tersebut bisa terus berkembang.

"Tips dari saya untuk memilih lokasi usaha yang strategis adalah Memilih lokasi yang mudah di jangkau,Lokasi yang mudah dijangkau bisa meliputi banyak hal, seperti memilih tempat yang ramai agar mudah untuk dijangkau oleh konsumen. Lokasi yang mudah dijangkau juga bisa memperhatikan aspek lain seperti dekat dengan lokasi-lokasi tertentu, seperti kampus,sekolah,mall.Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk menempatkan lokasi usaha mereka ke tempat yang strategis" ujar Pak Taufik.

Namun, setelah adanya Pandemi usaha oleh-oleh pak Taufik ini sempat merosot dan mengalami penurunan omzet.Dengan adanya tempat Lokasi Usaha yang strategis tersebut pak Taufik lebih mudah mengatasi permasalah pada usahanya seperti pada saat pandemi ini.

"Selama adanya Pandemi ini usaha saya omzet nya sempat menurun dan banyak kehilangan konsumen,saya tidak menyerah saya melakukan berbagai cara untuk menarik konsumen lagi supaya usaha oleh-oleh saya ini bisa ramai kembali.Di sini saya memberikan dicount/promo Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi bisnis yang wajib dilakukan oleh pebisnis. dengan adanya lokasi usaha saya yang strategis ini saya lebih mudah memasarkan produk saya.Selain itu saya juga melakukan penjualan secara online guna untuk meningkatkan pendapatan pada usaha saya"ujar pak Taufik.

Besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi usaha yang akan di bangun. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen. Jika ingin menjalankan usaha dengan produk yang harganya sedikit tinggi, sebaiknya pilih lokasi yang daya belinya cukup tinggi (misalnya di kota -- kota besar). 

Sedangkan bila ingin menawarkan produk dengan harga yang relatif murah, tidak akan jadi masalah jika memilih lokasi usaha yang daya beli masyarakatnya kurang. Karena konsumen di daerah tersebut lebih mementingkan harga murah, dibandingkan memperhatikan kualitas produk yang dijual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun