Mohon tunggu...
Felicity Rosa Virginia Padu
Felicity Rosa Virginia Padu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

_

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Catatan Perjalanan Sommer Jugendkurs 2019

20 September 2022   14:51 Diperbarui: 20 September 2022   15:21 58 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menerima beasiswa Program PASCH (JUKU) 2019 | Sumber: kupang.tribunenews.com

Saat mendengar negara Jerman, apa yang ada di pikiran kalian? Negara berteknologi? Negara maju? Negara yang kaku? Simpan semua itu dalam pikiran kalian dulu. Kali ini saya akan menceritakan hal favorit saya dalam pengalaman pergi ke Jerman untuk pertama kali.

Hai, saya Cyta salah satu siswi beruntung yang bisa pergi ke Jerman. Hasil tes A1 yang diselenggarakan oleh Goethe Institut menjadi tiket bagi saya untuk berkunjung ke negeri bir ini. Beasiswa musim panas (Sommer Jugendkurs) selama 3 minggu membuat saya bisa lebih mengenal Jerman walaupun dalam waktu singkat.

Perjalanan saya kesana dimulai dengan mengurus paspor di imigrasi. Proses ini dengan mudah saya lewati karena mendapat arahan yang jelas dari guru bahasa Jerman saya, Pak Minzenti Arnoldus.

Sebulan sebelum keberangkatan, saya dan teman-teman mengurus visa di Jakarta karena warga negara Indonesia tidak mendapatkan kemudahan bebas visa. Saat mengurus visa, saya menginap di Hotel Manhattan, Jakarta Selatan. Pengalaman mengurus visa sangat gampang karena kami dibantu oleh para pendamping.

Sebelum berangkat kita diberikan pengetahuan oleh pihak Goethe tentang apa saja yang akan kami hadapi disana, misalnya toko yang tutup pada hari sabtu dan minggu, sistem transportasi, budaya Jerman, dan lain-lain. 

Selain pengetahuan dasar, pihak Goethe juga bertanggung jawab atas seluruh biaya perjalanan, mulai dari akomodasi, transportasi, dan kami juga diberi uang saku per orang 85. 

Bagi teman-teman yang ingin pergi ke Jerman saran saya wajib memperhatikan tentang jadwal tutup toko dan transportasi disana, hal ini akan mempermudah keseharian kalian disana.

Pembekalan peserta JUKU | Sumber: facebook.com/Goethe.Indonesien
Pembekalan peserta JUKU | Sumber: facebook.com/Goethe.Indonesien

Pembekalan peserta JUKU | Sumber: facebook.com/Goethe.Indonesien
Pembekalan peserta JUKU | Sumber: facebook.com/Goethe.Indonesien

Pada bulan Juli, saya bersama teman-teman dari berbagai sekolah di Indonesia berangkat ke Jerman. Perjalanan pertama tentu saja ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang lumayan melelahkan, ditambah dengan barang bawaan kami yang tidak sedikit. 

Setelah melewati imigrasi, sambil beristirahat kami menunggu pesawat untuk penerbangan dari Indonesia ke Turki. Dari Indonesia ke Turki ditempuh dalam 12 jam dan mendarat di Bandara Internasional Istanbul. 

Di Istanbul kami harus melewati imigrasi lagi. Kemudian kami melanjutkan perjalanan dari Istanbul ke Jerman. Perjalanan ke Ibu Kota Jerman, Berlin memakan waktu 3,5 jam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan