Mohon tunggu...
Felicia Thamrin
Felicia Thamrin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswi dari jurusan matematika. Saat ini, hobi saya adalah mendengarkan lagu dan membaca novel.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Geladi Hominisasi

3 Desember 2022   12:07 Diperbarui: 3 Desember 2022   12:19 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saya mengikuti geladi Hominisasi pada tanggal 27 November 2022. Banyak hal yang saya lakukan selama gelaadi Hominisasi ini, mulai dari tugas pra-geladi sampai tugas pasca-geladi. Tugas pertama adalah tugas pasca-geladi, di mana pada tugas ini saya disuruh untuk menyimak dan mencari syair dari lagi Indonesia Raya 3 stanza, serta memilih 1 dari 10 film dokumenter dan merefleksikannya.

Saya mendapatkan link zoom dan pembagian kelompok. Geladi Hominisasi ini dilakukan oleh mahasiswa dari jurusan yang berbeda-beda. Geladi ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan doa bersama. Setelah itu, kita masuk ke breakoutroom sesuai dengan kelompok masing-masing dan melakukan perkenalan, serta memilih ketua dan notulen dalam kelompok kami.

Sesudah menentukan ketua dan notulen, kami disuruh Kembali ke main room karena akan diberikan tugas dan teknis pengerjaannya. Kami pun Kembali lagi ke breakoutroom untuk melakukan tugas perkelompok, di mana kelompok saya mendapatkan tema "Hari Toleransi Nasional". Saat berdikusi, kami semua aktif, saling berbagi memberi masukkin sehingga tugas tersebut dapat selesai dengan baik dan cepat. Kamu disuruh mempresentasikan dan memilih kelompok mana yang paling menarik. Setelah itu, acara geladi pun ditutup dengan doa bersama.

Geladi Hominisasi ini memberikan banyak pengajaran kepada saya. Sebelumnya, saya jarang mengutarakan pendapat saya, tetapi kemarin saya berusaha untuk menjadi oranag yang ebih berani mengutarakan pendapat. Saya juga belajar untuk dapat mendengarkan dan menghargai pendapat anggota kelompok yang lain, dan masih banyak lagi.

Dalam geladi homini ini, saya belajar bahwa kita membutuhkan kemampuan menggunakan logika dan bahasa. Dalam kehidupan sehari-hari terkadang kita dituntut untuk bisa berpikir dengan cepat dan benar, serta dapat berkomunikasi dengan baik dan sopan. Dua kemampuan terseebut saya butuhkan dalam proses perkuliahan saya, di mana saya harus berkominukasi dengan teman, kakak tingkat, bahkan dosen dan kemampuan untuk berpikir dengan cepat agar apa yang disampaikan di kelas dapat langsung saya pahami dan memudahkan saya ketika nantinya saya mengulas materi tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun