Mohon tunggu...
FELICIA SAKURAI
FELICIA SAKURAI Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Travel

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Mengikuti Geladi Hominisasi

7 Desember 2022   16:13 Diperbarui: 7 Desember 2022   16:30 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hari Rabu, 30 November 2022 saya mengerjakan tugas pra geladi hominisasi yang dikirimkan melalui email UNPAR . Tugas tersebut meminta kita untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza dan menjelaskan makna dari syair yang menurut saya paling menarik. 

Menurut saya, syair "Marilah kita berseru Indonesia Bersatu" adalah syair yang paling menarik karena memiliki makna persatuan ditengah perbedaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, diberikan juga beberapa judul film dokumenter dan kita diharuskan untuk memilih judul film yang diinginkan untuk diulas. Saya memilih film yang berjudul #Nusantarakaya | Semua, Kita Punya". Dalam video tersebut dibahas masalah yang lumayan menarik mengenai hasil tani yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh negara Indonesia.

Setelah itu, pada hari Sabtu, 3 Desember 2022, saya dibiasakan untuk melakukan beberapa hal baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Salah satunya, kita dibiasakan untuk bersosialisasi dan bekerja sama antar mahasiswa yang memiliki fakultas yang berbeda dari kita. Saya juga diberikan tugas pada saat geladi hominisasi itu dilaksanakan, yaitu tugas yang memerlukan kerja sama antar anggota, komunikasi dan diskusi, kemudian kita wajib untuk mempresentasikan tugas yang telah dibuat. 

Hal positif yang bisa saya dapatkan karena telah mengikuti geladi hominisasi ini adalah, saya bisa memperluas wawasan saya, berpikir lebih cepat dan juga kritis, sehingga bisa berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik & dapat bekerja sama dengan orang yang baru dikenal. Dalam geladi hominisasi ini diperlukannya logika berpikir dan juga penggunaan bahasa yang baik. 

Karena dengan logika yang kita gunakan, kita bisa menyampaikan pendapat yang masuk akal dan juga bisa menyampaikan pendapat tersebut menggunakan bahasa yang baik dan benar. Saya sebagai mahasiswi UNPAR mensyukuri dengan diadakannya geladi hominisasi ini. Karena selain mengajarkan kita beberapa hal baru, kita juga diajarkan untuk berdiskusi dan bekerja sama yang baik dengan menggunakan bahasa yang sopan dan logis, tetapi santai sebagai teman. Walaupun berkomunikasi dengan orang-orang yang baru dikenal, kita juga bisa saling menyampaikan ide dan pendapat untuk menyelesaikan tugas kelompok kami. 

Sehingga kami bisa berhasil mempresentasikan tugas dengan visual yaitu dengan mengerti akan materi yang akan disampaikan kepada para pendengar. Anggota kelompok kami telah berhasil mengerjakan tugas yang diberikan secara bersama-sama dengan saling menghargai pendapat satu dengan yang lainnya. Selain itu, saya juga menambah beberapa teman baru yang berasal dari fakultas yang berbeda dengan saya. Itu merupakan salah satu keuntungan tambahan yang saya dapatkan dari mengikuti geladi hominisasi tanggal 3 Desember 2022.

Saya akan membiasakan untuk menerapkan hal-hal yang baru yang telah dilakukan pada saat geladi hominisasi ini. Saya melakukan kebiasaan ini untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh mata kuliah saya. Karena apabila kita memiliki cara berpikir secara logis, kita mampu berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik dengan teman-teman disekitar kita.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun