Mohon tunggu...
Felicia Hanna Serevin
Felicia Hanna Serevin Mohon Tunggu... Pelajar

XI IPS 1 - 12

Selanjutnya

Tutup

Musik

Siasat Menjadi Penulis Lagu dengan Sederhana

2 Agustus 2020   20:47 Diperbarui: 2 Agustus 2020   20:52 40 6 1 Mohon Tunggu...

Anda pasti tahu musik. Secara sederhana, musik adalah kumpulan nada yang membentuk melodi yang harmonis dan indah. Ada berbagai genre musik yang sering kita temui, seperti pop, dangdut, jazz, dan masih banyak lagi.

"Lalu bagaimana dengan lagu? Apakah lagu sama dengan musik?". Pertanyaan yang bagus! Ketika musik disertakan sebuah syair atau lirik kemudian dinyanyikan, maka musik tersebut sudah menjadi lagu.

Selama #dirumahsaja, pasti sudah banyak sekali lagu yang anda dengarkan dari berbagai sumber seperti youtube, spotify, joox, dan lain sebagainya. 

Namun, pernahkah anda memiliki ide untuk menulis lagu? Tidak mahir bermain alat musik tidak menjadi alasan anda untuk tidak mencoba hal yang satu ini. 

Menulis lagu mengisi waktu luang anda dengan manfaat yang baik karena menulis lagu dapat meningkatkan kreativitas anda.  Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara menemukan ide untuk menulis lagu.

1. Pahamilah perasaan anda atau yang anda rasakan, lalu tulislah.

Pasti sudah berbagai-bagai perasaan yang anda rasakan selama ini. Ada perasaan sedih ketika putus percintaan, senang karena masuk sekolah yang diinginkan, dan masih banyak lagi. Namun, jangan hanya mengganggap itu sekedar perasaan karena hormon atau suasana hati. Akan lebih baik perasaan itu menjadi ide untuk menulis lirik lagu. Maka tulislah perasaan itu dengan tambahan frasa atau majas yang artistik, agar lirik anda lebih menarik.

2. Susunlah nada-nada yang anda sukai lalu tentukan akordnya sesuai nada dasarnya.

Di sekolah kita pasti sudah belajar mengenai tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si dan kembali ke do (tinggi). Meskipun sedikit, namun ketika anda menyusun nada-nada tersebut dengan kreativitas, nada-nada tersebut akan menyusun susunan not dan membentuk melodi yang indah. 

Setelah menyusun nadanya, anda bisa mencocokkan not lagu tersebut dengan akord yang sesuai dengan not dan nada dasar lagu anda. Tidak usah terlalu takut memikirkan apakah bagus atau tidak, karena menulis lagu membutuhkan kreativitas, waktu, dan rasa terhibur yang timbul dari diri anda sendiri.         

3. Tentukan ritme dan tempo lagu anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x