Mohon tunggu...
Felice Vinayo
Felice Vinayo Mohon Tunggu... Mahasiswa - hehe

hehehhe

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Hominisasi

22 Maret 2022   22:04 Diperbarui: 22 Maret 2022   22:11 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TUGAS PASCA GELADI

Sebelum dimulainya geladi, saya diberikan sebuah tugas pra-geladi dimana saya harus menyimak lagu kebangsaan Indonesia yaitu "Indonesia Raya" dan merefleksikan bagian manakah yang paling menarik untuk saya. 

Tugas tersebut membuat saya berfikir dan mengetahui lebih dalam lagi mengenai kata-kata dan arti yang tersirat pada lagu tersebut. Pada hari Minggu 20 Maret 2022, saya telah mengikuti Geladi Hominisasi melalui via zoom dari jam 8 pagi. 

Geladi tersebut dimulai dari pembicaraan oleh dosen-dosen yang berhubungan dengan MKU dan juga menyanyikan lagu Mars Unpar. Lalu, salah satu aktivitas yang berlangsung saat gelada adalah diskusi kelompok mengenai suatu topik bersangkutan dengan Pancasila yang telah diberikan. 

Dalam hal ini, saya adalah anggota kelompok 10 dan mendapatkan topik mengenai Lautan Api Bandung. Pada breakout room, kami masing-masing melakukan riset mengenai topik tersebut dan mengumpulkan informasi-informasi untuk dipresentasikan. 

Setelah berdiskusi, kami sekelompok mempresentasikannya dengan cara yang unik yakni dengan semacam talkshow. Aktivitas ini memberikan ilmu dan insight baru bagi saya sebab sebelumnya saya tidak mengetahui tentang hal ini, selain itu saya juga belajar untuk bekerja sama dalam tim serta mendapatkan teman-teman baru dari jurusan yang berbeda-beda. 

Awalnya saya terkejut karena tidak diperbolehkan untuk membaca dan powerpoint pun tidak ada. Namun setelah menjalankan gelada ini, saya menjadi belajar untuk melakukan presentasi lebih baik agar penonton tidak bosan dan pesan yang tersirat dapat tersampaikan dengan baik. 

Dari geladi ini, yang dapat saya terapkan pada perjalanan kuliah yaitu kemampuan untuk presentasi lebih baik serta bekerja sama dalam tim. Saya juga belajar bahwa sangatlah penting untuk rela berkorban demi bangsa sebagai warga negara, untuk memajukan negara Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun