Mohon tunggu...
Felda
Felda Mohon Tunggu... Lainnya - Felda Naufal Okta P

Felda Naufal Okta P

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemberdayaan Kembali Perpustakaan Desa oleh Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang

27 September 2021   15:10 Diperbarui: 27 September 2021   16:21 161 2 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemberdayaan Kembali Perpustakaan Desa oleh Mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang
Perpustakaan Desa Geger/Dokpri

Tulungagung- Kamis, 16 September 2021

Menurut Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah Nomor 3 Tahun 2001 Perpustakaan Desa adalah perpustakaan yang dikelola secara mandiri oleh pemerintah desa / kelurahan yang berada di tengah masyarakat desa.  Seperti halnya di Dusun Sukorejo, Desa Geger, Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung terdapat perpustakaan desa yang terletak di Balai Desa Geger dengan berbagai macam bahan bacaan mulai anak-anak sampai orang dewasa. Contohnya buku cerita bergambar, buku belajar membaca, buku resep masakan, buku tentang budidaya tanaman dan hewan, dan masih banyak lagi.

Namun,  sayangnya perpustakaan desa di Desa Geger ini tidak terawat sehingga perpustakaan desa tersebut tidak nyaman untuk ditempati untuk membaca atau sekedar meminjam buku. Maka dari itu, kelompok PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) dari Universitas Muhammadiyah Malang membuat program kerja dengan tujuan mengoptimalkan kembali sarana perpustakaan desa yang tidak terawat ini.

Kegiatan Literasi Di Perpustakaan Desa Geger/Dokpri
Kegiatan Literasi Di Perpustakaan Desa Geger/Dokpri

Kegiatan yang kami lakukan sebagai awal pemberdayaan kembali perpustakaan desa ini adalah berkoordinasi dengan kepala desa dan wali kelas 1 SDN 01 Geger. Langkah kedua adalah membersihkan dan menata kembali perpustakaan desa agar bersih dan nyaman untuk dijadikan pusat literasi Desa Geger. Langkah berikutnya adalah menyelenggarakan kegiatan belajar bersama di perpustakan desa dengan meggunakan bahan bacaan yang terdapat di perpustakaan desa, dengan tujuan agar anak-anak di Desa Geger mengetahui bahwa terdapat pusat literasi yang memiliki berbagai bahan bacaan yang dapat mereka gunakan untuk menambah wawasan mereka kelak.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan