Mohon tunggu...
Siti Aisiah
Siti Aisiah Mohon Tunggu... Model - Model
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau perlu belajar lagi sampai berhasil.

Selanjutnya

Tutup

Financial

Istilah-Istilah dalam Digital Marketing

26 Oktober 2022   12:01 Diperbarui: 26 Oktober 2022   12:10 482
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ISTILAH-ISTILAH DALAM DIGITAL MARKETING
Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk memasarkan suatu produk dalam internet.


Berikut istilah-istilah dari Digital Marketing:
1. Cost Per Action (CPA)

Yang pertama ada yang namanya Cost Per Action atau yang biasanya sering disebut atau disingkat menjadi CPA. Istilah ini bisa kita artikan di mana nanti seorang publisher akan mendapatkan komisi ketika si user yang akan ditargetkan melalui suatu aksi, makanya kenapa namanya itu adalah Cost Per Action (CPA).


2. Cost Per Impression
Cost Per Impression (CPI) ini mengacu pada tarif yang telah disetujui oleh advertiser atau pengiklanan untuk membayar per 1000 tampilan suatu iklan tertentu.
Impression dalam CPM ini maksudnya adalah tampilan iklan ke user saat melihat halaman web, yang berisi beberapa iklan.


3. Lookalike Audiences
Lookalike audiences ini merupakan istilah yang sering juga digunakan. Istilah ini adalah salah satu cara untuk menargetkan user sesuai dengan demografis dan juga ketertarikannya yang serupa dengan pengguna yang sudah kamu miliki.


4. Click Through Rate (CTR)
Click through rate ini bisa dibilang sebagai berapa jumlah pengunjung yang mengklik tautan ke halaman situs web kamu yang berasal dari melihat halaman situs web lainnya.


5. Engagement Rate
Engagement rate ini adalah salah satu istilah yang memiliki seberapa banyak komentar, share dan like yang bisa didapatkan dari postingan tersebut di media social. Semakin tinggi angka engagement ratenya semakin baik juga konten yang kamu dapatkan, yang akan menarik dan tentunya baik untuk SEO.


6. Buyer Persona
Di social media marketing ada juga yang namanya istilah buyer persona yang disebut sebagai bayangan atau gambaran lebih baik tentang siapa calon konsumen produk bisnis kamu.


7. Search Engine
     -Search Engine Optimation (SEO)
SEO adalah sebuah taktik atau cara untuk menempatkan suatu website agar dapat tampil di halaman pertama di pencarian Google atau search engine lainnya.
-Pay Per Click (PPC)
PPC adalah sebuah metode kerjasama advertising dan marketing di internet yang dapat memungkinan si pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs ini.


8. Email Marketing
     -Email Bounce
Merupakan gagalnya mengirim sebuah email secara otomatis aka nada pemberitahuan bahwa email tersebut gagal untuk dikirim.


9. Online Presence
Online presence dapat diartikan sebagai ketersediaan informasi bisnis online milik kamu yang bisa ditemukan secara online. Dengan memiliki suatu web atau blog, maka 'presence' atau kehadiran web di blog bakalan terlihat dan juga di search engine.


10. Conversion
Conversion sendiri juga bisa untuk menunjukkan berapa banyak visitors bisnis kamu yang melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis.


11. Landing Page
Landing page merupakan setiap halaman yang akan dibuka oleh user dengan mengklik sesuatu terlebih dahulu.
Kalau biasanya halaman website isinya banyak pada link dan menu, landing page ini dirancang lebih untuk mengarahkan pengunjung agar mengklik sesuatu secara spesifik.


12. Website

adalah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan yang tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas menggunakan sebuah browser.


13. Payment Gateway
Payment gateway merupakan suatu penyediaan layanan pembayaran secara otomatis dengan berbagai channel pembayaran untuk para pemilik took online.


14. Niche
Niche adalah topic yang dibahas dalam sebuah blog atau website.


15. Page Speed
Page speed adalah kecepatan loading website ketika membuka sebuah halaman website.


16. Facebook Ads
Facebook ads adalah jasa iklan yang sudah disediakan oleh Facebook untuk penggunanya.


17. Inbound Marketing
Inbound marketing merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menarik perhatian, menjalin hubungan, dan membuat calon klien senang dengan cara membuat konten-konten yang berkualitas dan memberikan manfaat untuk calon klien.


18. Google Partner
Google partner adalah sertifikat yang diberikan oleh Google kepada sebuah perusahaan yang telah memenuhi kriteria tertentu untuk menjadi mitra google.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun