Mohon tunggu...
Fedi Haikal
Fedi Haikal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Public Relations Undergraduated Student

Interested in Public Speaking and Digital Marketing

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Gelar Acara CommCrew, Communications PresUniv Tak Ingin Posisinya Digantikan oleh AI di Masa Mendatang

11 November 2021   16:23 Diperbarui: 11 November 2021   16:30 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat. Bagaimana tidak?. Semakin hari, angka penggunaan teknologi canggih di kalangan masyarakat semakin bertambah. Tingginya angka penggunaan AI inilah yang kemudian menjadi sebuah kekhawatiran. Pasalnya, Artificial Intelligence (AI) yang awalnya dirancang untuk membantu aktivitas hidup manusia malah mengambil alih sebagian besar pekerjaan manusia mulai dari bidang pendidikan hingga dalam perencanaan pertahanan dan keamanan negara.

Melihat isu-isu tersebut, tentunya banyak sekali pekerja yang tidak ingin posisinya diambil alih oleh AI termasuk di bidang Ilmu Komunikasi. Melalui kegiatan yang berjudul "Communication Creativity Week 2021" mahasiswa Communication Study Program di President University tidak ingin profesinya di masa depan akan diambil alih oleh salah satu atau bahkan lebih dari jenis Artificial Intelligence yang ada. Dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengasah kemampuan soft skill maupun hard skill mereka berharap dapat  berkontribusi untuk mempersiapkan the next communication practitioner yang bisa survive dan bersaing di dalam dunia pekerjaan.

Tahun ini, Communication Creativity Week (CommCrew) mengusung tema "The Power of Communication". Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tema kegiatan tahun ini dilatarbelakangi oleh lahirnya Artificial Intelligence dimana hal tersebut berpotensi mengganti sebagian besar pekerjaan yang ada di seluruh muka bumi. Kegiatan CommCrew ini termasuk dalam kategori kegiatan perlombaan namun juga memiliki maksud tersendiri yaitu untuk memulai gerakan perencanaan dan pengembangan diri bagi calon generasi praktisi Ilmu Komunikasi kedepannya. Hal ini dibuktikan melalui kata sambutan yang dibawakan oleh ketua pelaksana kegiatan Communication Creativity Week 2021 yang merupakan salah satu Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Presiden, Fedi Haikal.

"This year is the first year of Communication Creativity Week being conducted. Communication Creativity Week is an annual event provided by Student Activity PUMA Communications. With the theme of "THE POWER OF COMMUNICATIONS" we hope that the young generation of communication practitioners will be more ready to survive and grow in real life. All generations of communication practitioners have to be more "POWERFUL" and you guys are already becoming a part of this movement." - Sabtu, 30 Oktober 2021

Setelah melewati proses perencanaan yang begitu lama, akhirnya kegiatan CommCrew21 berhasil diselenggarakan. Artinya, segala hal yang diharapkan seperti mempersiapkan generasi Communication Practitioners dan lain-lain telah terselesaikan. Dengan begitu, gerakan yang telah dimulai oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Presiden ini telah berjalan dengan baik dan patut dilanjutkan. 

"Kegiatan ini telah dirancang 3 tahun lamanya dan akhirnya dapat terwujudkan di tahun 2021 ini yang berarti mewujudkan kegiatan ini bukanlah hal yang mudah. Saya sangat mengapresiasi kinerja dari seluruh panitia pelaksana kegiatan CommCrew21 karena tanpa mereka kegiatan ini mungkin tidak akan terlaksana lagi tahun ini." ujar Fedi Haikal mengapresiasi kinerja dari seluruh panitia pelaksana kegiatan.

Penyelenggaraan kegiatan Communication Creativity Week 2021 ini memberikan dampak positif yang luar biasa ke berbagai pihak. Tidak hanya pihak panitia penyelenggara tetapi juga pihak-pihak lainnya yang turut andil bagian dalam kegiatan ini. Kegiatan CommCrew21 diselenggarakan secara luas untuk seluruh siswa dan mahasiswa yang ada di Indonesia. Selain sebagai ajang berkompetisi, kegiatan ini juga dibuat untuk mengenalkan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Presiden kepada khalayak umum tentunya dengan feedback yang menarik pula terutama bagi pelajar SMA yang ikut dan memenangkan perlombaan di dalamnya. 

Communication Creativity Week 2021 memberikan penawaran yang luar biasa untuk seluruh peserta perlombaan di tingkat SMA. Selain mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Pemenang lomba dengan Juara 1 sampai 3 juga akan diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di President University dengan beasiswa pendidikan 75% yang artinya dari total biaya 32 juta setiap semesternya hanya akan dibayar 8 juta saja. Hal ini tentunya menjadi salah satu bentuk upaya kaderisasi Communication Practitioner kedepannya yang diupayakan oleh panitia penyelenggara kegiatan ini demi keberlangsungan sumber daya praktisi Ilmu Komunikasi kedepannya. Penawaran ini menarik banyak perhatian peserta untuk ikut berlomba dalam kegiatan CommCrew21. Dari situlah tolak ukur keberhasilan gerakan melalui perlombaan ini dapat dinyatakan sukses terlaksana. Bentuk kegiatan yang menarik dengan visi yang luar biasa tersirat di dalam kegiatan Communication Creativity Week 2021 ini. 

Di era digital saat ini, praktisi-praktisi dituntut untuk lebih peduli terhadap ancaman-ancaman seperti bagaimana Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Presiden ini lakukan. Berorientasi pada kelanjutan karir dan pekerjaan dimasa depan masuk kedalam salah satu hal yang harus diperhatikan lebih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun