Mohon tunggu...
Febyindah Kesuma
Febyindah Kesuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Teknik Industri Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Inovatif! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Integrasikan Taman Toga dengan QR Code

9 Agustus 2022   17:01 Diperbarui: 12 Agustus 2022   01:35 150 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tambakharjo, Semarang (28/07/22) -- Dalam upaya peningkatan kesehatan sekaligus penyaluran ilmu kepada warga Tambakharjo. Kondisi yang menjadi perhatian dan penting pada Desa ini adalah kesehatan warga nya terlebih lagi terdapat banyak warga yang berada pada usia lanjut (lansia). 

Pada desa ini sudah terdapat Taman Toga yang berada pada setiap RT namun yang disayangkan adalah tidak semua warganya mengetahui jenis tanaman dan manfaat yang ada pada Taman TOGA tersebut. 

Padalah dengan adanya tanaman herbal atau obat obatan itu menjadi sangat penting yang bisa digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan berbagai jenis tanaman obat pilihan yang dapat ditanam dipekarangan rumah, lingkungan rumah dan sekitarnya. TOGA sebagai bentuk upaya kesehatan bersumberdaya manusia yang merupakan salah satu wujud nyata peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan. 

Untuk itu, keberadaan tanaman obat di lingkungan rumah dan sekitarnya menjadi sangat penting. Selain itu penting juga untuk memahami dan mengetahui jenis tanaman yang terdapat disana, dengan memahammi manfaat khasiat dan jenis tanaman tertentu, tanaman  obat menjadi pilihan keluarga dalam memilih obat alami yang aman.

Namun sangat disayangkan, tidak semua warga mengetahui jenis tanaman dan memahami pemanfaatan tanaman herbal yang terdapat di Taman TOGA. Dengan mengacu pada Sustainable Development Goal nomor Sembilan, yaitu Industri, Inovasi, dan Inrastruktur, Taman Toga dapat lebih diberdayakan dengan memanfaatkan teknologi inovatif seperti QR Code yang berisi informasi mengenai nama, foto, deskripsi singkat dan menfaat dari tanaman tersebut.

Dalam kegiatan KKN TIM II Universitas Diponegoro 2021/2022, Feby Indah Kesuma mahasiswa UNDIP melakukan kegiatan program pembuatan dan pemasangan QR Code pada Taman Toga RT 03 RW 01 Kelurahan Tambakharjo. 

Program ini dimulai dengan pengumpulan / pendataan jenis tanaman yang terdapat pada taman. Lalu dilanjutkan dengan pembuatan desain dan isi konten QR Code yang terdiri dari nama, science name, foto, deksripsi singkat, dan manfaat dari setiap jenis tanaman. 

Pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada hari Kamis, 28 Juli 2022. Pemsangan plang QR Code dilakukan mulai pukul 08.00 -- 10.35 WIB, Dimulai dengan penyerahan QR Code, penjelasan cara menggunakan yang disampaikan dengan menggunaan media poster dan dilanjutkan dengan pemasangan QR Code.

Dok Pribadi
Dok Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan