Universitas Pendidikan Indonesia sebagai universitas berlabel pendidikan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa yang melaksanakan KKN dengan program-programnya diharapkan dapat mengedukasi masyarakat maupun sekolah, terutama dapat membantu sekolah selama kegiatan KKN berlangsung.
 Tujuan kegiatan KKN yang dilaksanakan di salah satu SD Cimanggu adalah melaksanakan sosialisasi terkait meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam penyesuaian gaya belajar di era new normal atau kegiatan pembelajaran PTM.
Pelaksanaan KKN di SDN Cimanggu dimulai dengan koordinasi dan analisis kebutuhan terkait bantuan yang akan diberikan kepada guru kelas 6. Dalam membantu kegiatan administrasi sekolah dan guru, terlebih dahulu berkoordinasi dengan Kepala Sekolah terkait detail pekerjaan yang dapat dibantu. Dalam rangka meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa di SD Cimanggu, kami menggunakan metode game education.
Ketika peserta didik belajar dengan aktif, berarti mereka yang mendominasi aktifitas pembelajaran. Mereka secara aktif menggunakan otak mereka baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran, memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam suatu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Disamping itu, kami juga mengadakan games di sela-sela pembelajaran guna untuk membangkitkan suasana serta semangat para siswa.
Gambar diatas menunjukkan kegiatan saat games dilaksanakan. Pada saat itu seluruh siswa berpartisipasi aktif untuk mengikuti games, siswa diminta untuk memecahkan suatu permasalahan dengan waktu yang singkat lalu terbukti semua siswa sangat antusias mengikutinya. Game edukasi merupakan media pembelajaran yang sangat mendukung proses pembelajaran di dalam kelas serta diharapkan dapat memancing minat belajar pada siswa.