Mohon tunggu...
Febry Sabrina
Febry Sabrina Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

musik,menulis,membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Modal

9 Desember 2022   00:43 Diperbarui: 9 Desember 2022   00:47 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Defenisi Pasar Modal

Pasar modal adalah kegiatan yang berkaitan dengan penawaran umum dan perdagangan sekuritas, perusahaan publik yang diperdagangkan terkait dengan sekuritas yang mereka terbitkan, dan lembaga dan profesi terkait sekuritas. Selain peluang investasi lainnya, pasar modal menawarkan berbagai opsi kepada investor seperti:

Menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dll. Pasar modal bertindak sebagai titik kontak. Pasar modal berperan sebagai penghubung antara investor dengan korporasi atau institusi pemerintah dengan memperdagangkan instrumen jangka panjang seperti obligasi, saham dan lain-lain. Fungsi berkelanjutan dari pasar modal (Bruce Lloyd, 1976) adalah untuk meningkatkan dan mengumpulkan arus modal jangka panjang secara efektif sesuai dengan "kondisi pasar" untuk mendukung pertumbuhan riil ekonomi secara keseluruhan.

B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pasar Modal

1. Supply sekuritas

2. Deman akan sekuritas

3. Kondisi politik & ekonomi

4. Masalah hukum & peraturan

5. Keberadaan lembaga yang mengatur & mengawasi kegiatan pasar modal & berbagai lembaga yang memungkinkan dilakukan transaksi secara efisien

C. Manfaat Pasar Modal

  • Manfaat pasar utama bagi emiten/perusahaan
    Keuntungan pasar modal bagi emiten atau perusahaan pada umumnya adalah terhimpunnya dana sebagai sumber pembiayaan jangka panjang. Dana yang diperoleh di pasar modal dapat digunakan perusahaan untuk pengembangan usaha, perluasan, penambahan modal kerja dan lain-lain.

    Dengan begitu, perusahaan dapat mengalokasikan dana lebih optimal untuk keberlangsungan perusahaan yang menguntungkan berbagai pemangku kepentingan tanpa harus terus bergantung pada pinjaman pihak ketiga.

  • Keuntungan pasar modal bagi investor
    Keuntungan pasar modal bagi investor adalah menjadi wahana bagi masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen keuangan seperti saham, obligasi dan reksadana. Dengan demikian, masyarakat dapat menginvestasikan dananya sesuai dengan karakteristik manfaat dan risiko dari masing-masing instrumen. Berkat tersedianya instrumen pasar modal, berbagai investor dari Jerman dan luar negeri dapat meningkatkan pendapatannya dengan risiko yang terukur. Investor juga bisa mendapatkan keuntungan dari laporan keuangan yang transparan ke pasar modal, menerima dividen, dll.

  • Manfaat pasar modal bagi negara
    Padahal, manfaat pasar modal tidak hanya terbatas pada emiten/perusahaan atau investor saja, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian suatu negara, antara lain:

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun