Mohon tunggu...
Febry Arya Ilham
Febry Arya Ilham Mohon Tunggu... Freelancer - Febry Arya

Tukang foto amatir yang mencoba menulis agar tetap abadi

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Tips Work From Home Jadi Work From Heart

5 April 2020   00:54 Diperbarui: 5 April 2020   00:59 1165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

#DirumahAja dan #WorkFromHome menjadi salah satu strategi yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengentaskan persebaran pandemi virus Covid-19 yang semakin meluas. Disamping itu gerakan ini dicanangkan untuk mendukung kebijakan social distancing yaitu Work From Home (WFH).  

WFH adalah istilah yang belakangan jadi perbincangan karena disarankan pemerintah sebagai taktik social distance. Istilah WFH atau Work From Home menjadi salah satu trending di Google. Hal itu berkaitan dengan kebijakan untuk mencegah penularan virus corona di masyarakat.  

Pemerintah melalui Kementerian PAN-RB telah menetapkan WFH bagi para pekerja . Kebijakan tersebut berlaku di pemerintahan pusat hingga pemerintah daerah. WFH adalah Work From Home atau bekerja dari rumah. Artinya, karyawan atau PNS tidak perlu datang ke kantor dan bisa bekerja dari tempat tinggalnya. Dengan begitu, risiko penularan virus di masyarakat dapat berkurang. Sehingga, pandemi virus corona di seluruh dunia bisa segera berakhir.

Meskipun tidak mudah karena budaya kita adalah bekerja berarti datang ke kantor, namun hal ini sebaliknya, perlu sedikit penyesuaian dan adaptasi agar selain bisa Work From Home tapi juga Work From Heart.

Kenapa Work Form Heart?
Seperti yang penulis singgung diawal tadi. Kebanyakan dari kita kesulitan beradaptasi dengan sistem yang sebenarnya bukanlah hal baru.

Kesulitan akses internet, mengatur waktu, komunikasi adalah sederetan permasalahan yang muncul dari Work From Home yang akhirnya membuat kita ogah ogahan buat kerja dirumah. Berikut adalah tips yang dibuat oleh penulis agar tak sekedar bekerja dari rumah tetapi juga bekerja dari hati.

1. Buat suasana kerja yang kondusif

assets.pikiran-rakyat.com
assets.pikiran-rakyat.com
Bagaimana cara membuat suasana kerja yang kondusif disamping pandemu virua yang bikin panik?

Kita mulai dengan menerapkan jam kerja yang sama ketika berada di kantor. Gunakan waktu yang biasanya digunakan untuk bersiap-siap ke kantor menjadi kegiatan lain, misalnya menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Suasana bekerja juga bisa dibangun lewat tempat. Menggunakan pakaian yang sama ketika bekerja di kantor juga dipercaya bisa membantu mengubah suasana bekerja dari rumah.

2. Komunikasi dengan keluarga

cdn-2.tstatic.net
cdn-2.tstatic.net
Tidak semua orang paham konsep bekerja dari rumah, terutama anak-anak. Beri tahu kondisi kepada keluarga, mungkin juga tetapkan jam berapa saja tidak bisa diganggu. Siapkan kegiatan untuk anak-anak, misalnya menggambar, menonton film, selama orang tua bekerja dari rumah. Jika memungkinkan, minta bantuan orang lain, misalnya pengasuh, untuk menjaga anak selama orang tua bekerja dari rumah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun