Mohon tunggu...
Febryanto Yudha Wijaya
Febryanto Yudha Wijaya Mohon Tunggu... Seorang Mahasiswa

Seorang mahasiswa yang belajar membuat artikel

Selanjutnya

Tutup

E-Sport

Perkembangan Game E-Sports di Masa Pandemi

17 November 2020   21:00 Diperbarui: 17 November 2020   21:03 50 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Game E-Sports di Masa Pandemi
www.technologyshout.com

Perkembangan game esports di masa pandemic istilah game esports mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, dan di masa pandemic ini banyak masyarakat yang bekerja/beraktivitas di rumah. Oleh karena itu banyak juga dari mereka yang bermain game esports ini untuk mengisi waktu luangnya setelah bekerja/beraktivitas. 

Ada juga yang menjadikan game esports ini menjadi pekerjaan mereka baik itu content creator, influencer, atau bahkan pro player di team yang sudah terkenal. 

Pekerjaan mereka biasanya berkutat di game esports ini. Industri game di Indonesia semakin diakui keberadaannya oleh dunia berdasarkan data dari IESPL pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat ke-12 di pasar game dunia, dengan total pemain game aktif sebanyak 62,1 Secara keseluruhan pada tahun 2019 industri ini menghasilkan pendapatan sebesar 1,04 miliar dolar AS. Jadi apa saja perkembangan yang terjadi pada game Esports di Indonesia pada masa pandemic ini?

1. Mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia 

Esports bukan hanya sebuah permainan, tapi sudah menjadi ajang laga untuk profesional. Ini merupakan peluang bagi generasi muda bangsa ini, tidak hanya untuk mengembangkan game lokal tetapi menjadi peluang bagi generasi muda untuk mengukir prestasi esports di level internasional. 

Pada tahun 2019 menteri kominfo Rudiantara terus melakukan dukungan terhadap perkembangan esports di tanah air melalui berbagai cara. Salah satunya dengan mendukung penyelenggaraan Tournament game yaitu Games Land Party (GLP) pada tahun 2019. 

Adakah regulasi yang mengatur tentang esport? Tentu saja ada salah satunya diatur dalam Peraturan Menteri No. 11 Tahun 2016. Yang berisi tentang Klasifikasi Umum Permainan Interaktif Elektronik. Inilah yang menjadi fokus pemerintah dalam mendukung perkembangan game di Indonesia. Selain itu menkominfo juga telah menetapkan esports menjadi cabang olahraga yang dapat membawa nama Indonesia dikenal oleh mata dunia.

2. Mendapat perhatian dari masyarakat

Banyak sekali game esports yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia dan hal ini yang menyebabkan Indonesia bisa menjadi pasar game dunia. Ada beberapa game yang sangat banyak pemainnya di Indonesia yaitu Mobile Legends, PlayerUnknown's Battlegrounds Mobile (PUBGM), Free Fire, dll. 

Karena banyak pemainnya maka terbentuklah komunitas-komunitas tentang game tersebut di masyarakat dan masyarakat sangat mensupport perkembangan game tersebut dengan cara membeli item di dalam game ataupun dengan cara top up. Masyarakat pun merasa senang karena developer pengembang game dapat membuat event-event baru di dalam gamenya.

3. Bisa membawa nama baik Indonesia di kancah dunia 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN