Mohon tunggu...
febriyanti K.
febriyanti K. Mohon Tunggu... Haiii

Hallo

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN Bali Ndeso UNISRI Sosialisasi Melalui Penempelan Poster Bahaya Covid-19

12 Agustus 2020   14:59 Diperbarui: 12 Agustus 2020   15:18 12 0 0 Mohon Tunggu...


Kota SOLO (12/8). Pandemi COVID-19 menyebabkan kegiatan KKN tidak dapat dilaksanakan seperti biasanya. KKN UNISRI yang biasanya dilaksanakan secara kelompok dengan lokasi yang ditentukan oleh kampus (LPPM), kali ini dilaksanakan secara mandiri dengan lokasi sesuai domisili mahasiswa. Hal ini dilakukan karena adanya pembatasan kegiatan sesuai protokoler dimasa Pandemi COVID-19.

Tahun ini, Kota Solo menjadi salah satu lokasi tujuan pelaksanaan KKN UNISRI. Saat ini,Kota Solo masih dikategorikan dalam wilayah zona merah atau risiko tinggi Covid-19. Sedangkan enam kabupaten lain di Soloraya termasuk dalam zona kuning dan zona oranye kasus COVID-19. Berdasarkan data resmi milik Pemkot Solo per 31 Juli 2020, jumlah positif Covid-19 mencapai 265 orang, yang sebagian sebesar sudah dalam kondisi sembuh. Meskipun dilaksanakan secara individu namun tidak mengurangi semangat para mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. Kegiatan KKN ini merupakan  mata kuliah wajib di Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) yang harus di ikuti oleh setiap mahasiswa semester 6, namun pada tahun 2020 kegiatan KKN Unisri berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ditahun 2020 ini KKN UNISRI menjadi KKN BALI NDESO Unisri . Hal ini dikarenakan telah terjadi wabah virus Covid-19 yang terjadi hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pelaksanaan KKN BALI NDESO UNISRI 2020 dilaksanakan secara individu dan dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa.


Saya Febriyanti (23) sebagai mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISRI melaksanakan kegiatan KKN "BALI NDESO" yang dijalankan selama kurang lebih 40 hari mulai dari tanggal 23 Juli hingga 31 Agustus 2020 berlokasi di Kampung Sorogenen Rt 06/ Rw 01 Kelurahan Jagalan,Kecamatan Jebres. KKN ini dilaksanakan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) , Dr.Hudi Kurniawanto M.M.

Mahasiswa pun membuat program berupa Sosialisasi  Melalui Penempelan Poster di Lingkungan warga sekitar.Karena melihat masyarakat di lingkungan sekitar masih banyak yang mengabaikan bahaya virus Covid-19 dan kurangnya kepedulian dalam menghadapi pandemi covid-19 ini, hal ini dibuktikan masih banyaknya masyarakat yang  tidak memenuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah seperti tidak menggunakan masker ketika sedang bekerja, masih tidak menjaga jarak satu sama yang lain.

Dengan adanya kegiatan KKN BALI NDESO UNISRI masyarakat Kampung Sorogenen Rt 06/ Rw 01 Kelurahan Jagalan,Kecamatan Jebres. Sehingga masyarakat Sorogenen Rt 06/ Rw 01 Kelurahan Jagalan,Kecamatan Jebres.dapat mencegah dari tertularnya virus Covid-19 dan diera yang sudah new normal saat ini tetap memperhatikan protokol kesehatan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x