Mohon tunggu...
Febri surya
Febri surya Mohon Tunggu... Pelajar

🏴‍☠️

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

5 Cara Melestarikan Hutan

3 Maret 2021   19:09 Diperbarui: 3 Maret 2021   19:25 111 1 0 Mohon Tunggu...

Seperti yang kita ketahui hutan Indonesia merupakan salah satu paru paru dunia,dikarenakan daerah hutan diindonesia yang yang terluas menduduki urutan ketiga terluas di dunia. Menurut data dari Foredt Watch Indonesia (FWI),  sebuah lembaga independen pemantau hutan Indonesia, sejumlah 82 hektare luas daratan Indonesia tertutup hutan.

Begitu penting nya hutan bagi kehidupan manusia,namun betapa memprihatinkannya melihat laju kehilangan hutan di Indonesia yang begitu miris.

Dana lingkungan hidup, World Wildlife Fund (WWF), memprediksi kalimantan akan kehilangan 75 persen luas wilayah hutannya pada tahun tahun ke depan menyusul tingginya laju deforestasi. Hal itu diungkapkan pada laporan tahunan mengenai situasi lingkungan di kalimantan yang dipublikasikan WWF Indonesia dan WWF Malaysia.

Seperti yang terjadi di Kalimantan belum lama ini, banjir besar yang terjadi di karenakan curah hujan yang sangat tinggi dan kemampuan tanah dalam menyerap air hujan semakin berkurang atau disebut erosi, erosi  merupakan penyebab saluran air meluap sehingga mengakibatkan banjir dibagian hilir (pemukiman warga). 

Terjadi erosi tersebut dikarenakan semakin berkurangnya lahan hutan primer,hutan sekunder, sawah dan semak belukar selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir.

Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena penebangan pohon untuk dijual kayunya ataupun dialih fungsi kan menjadi lahan pertambangan atau perkebunan. Adapun cara atau upaya untuk melastarikan hutan sebagai berikut.

1. MENSOSIALISASIKAN PELESTARIAN HUTAN

Dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat luas untuk melestarikan hutan, diharapkan bagi masyarakat agar lebih peka dan sadar akan pentingnya hutan bagi kehidupan.

2.MELAKUKAN REBOISASI HUTAN

Reboisasi adalah salah satu cara alternative untuk melestarikan hutan, dengan adanya reboisasi hutan akan tetap hidup dan lestari. Sehingga kedepannya dimasa depan anak atau cucu kita masih bisa merasakan manfaat dari hasil hasil hutan.

3.MENERAPKAN SISTEM TEBANG PILIH

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN