Mohon tunggu...
Febrina Nurul Hidayah
Febrina Nurul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Wellcome guys, aku febrina hobi olahraga salah satu olahraga favorit aku badminton

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Terasering Panyaweuyan Pesona Alam Majalengka

11 November 2022   13:12 Diperbarui: 11 November 2022   13:22 357
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kabupaten Majalengka memiliki sebutan Kota Wisata, letaknya berada di Provinsi Jawa Barat, tepatnya di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka). Karena letak geografisnya yang strategis membuat Kota Majalengka ini menyuguhkan keindahan alam yang bembentang luas sehingga kota Majalengka menjadi salah satu kota wisata yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Salah satu destinasi wisata alam Majalengka yang banyak di kunjungi oleh wisatawan adalah Terasering Panyaweuyan. Terasering Panyaweyan ini Terletak di Desa Sukasari Kidul, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dan asri, sehingga Terasering Panyaweuyan menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman, keluarga, atau pasangan.

Akses menuju lokasi Terasering Panyaweuyan sangat mudah di jangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Nantinya para wisatawan akan melewati pemukiman warga sebelum sampai ke Terasering Panyaweyan.

Tiket masuk Terasering Panyaweuyan cukup murah. Pengunjung hanya mengeluarkan uang sebesar Rp5.000 rupiah untuk bisa menikmati keindahan alam di tempat tersebut. Selain pemandangan yang indah, udara yang sejuk di Terasering Panyaweuyan sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melepas penat dari kesibukan di perkotaan.

Rekomendasi waktu untuk mengunjungi Terasering Panyaweuyan ini pada pagi hari, tepatnya pada pukul 07.30 WIB. Sementara waktu terbaik unyuk mengambil foto di Terasering Panyaweuyan ini adalah pukul 09.00 sampai pukul 14.00 WIB. Selama waktu tersebut para pengunjung bisa mengabadikan pemandangan alam yang indah dengan kondisi langit yang cerah. Bagi para pengunjung yang menyukai hobi memotret disarankan datang pada pukul 05.30 WIB, karena di waktu tersebut pengunjung bisa melihat secara langsung lanskap Gunung Ciremai yang menawan.

spot foto di Terasering Panyaweuyan (Dok. pribadi)
spot foto di Terasering Panyaweuyan (Dok. pribadi)

Meski di sebut Terasering, bukit Panyaweuyan sejatinya berbeda dengan beberapa daerah yang memiliki destinasi wisata semacam ini. Terasering Panyaweuyan ini adalah wilayah kaki gunung Ciremai yang di tanami sayuran seperti daun bawang dan bawang merah. Karena tanahnya yang subur para warga yang tinggal di sekitar Terasering Panyaweyan umumnya berprofesi sebagai petani, dan bahkan beberapa hasil bumi dari Terasering Panyaweuyan ini sudah dikirim ke beberapa daerah.

Nah, di Terasering Panyaweuyan ini juga terdapat warung-warung kecil yang menyediakan aneka makanan dan minuman. Makanan favorit yang biasanya di beli oleh para pengunjung disana adalah mie instan karena cocok di makan di tempat sejuk tersebut. Sedangkan untuk minuman, biasanya para pengunjung membeli minuman hangat untuk di seruput sambil melihat pemandangan yang cantik.

Selain itu, di Terasering Panyaweuyan juga menyediakan toilet yang cukup bersih untuk di gunakan oleh para pengunjung. Selain toilet di Terasering Panyaweuyan ini juga terdapat mushola yang bersih dan terdapat sejadah yang dapat digunakan untuk shalat. Jangan risau bagi wanita, sudah disediakan mukena disana.

Terasering Panyaweyan menawarkan spot-spot foto yang kece dan indah jika kita berswa foto disana. Kita bisa berfoto dengan latar pemandangan yang menyejukan mata, yang pasti kita gak akan nyesel kalau berswa foto disana. Sangat indah sekali bukan?

foto dari atas bukit panyaweuyan siang hari (Dok. pribadi)
foto dari atas bukit panyaweuyan siang hari (Dok. pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun