Mohon tunggu...
Febrina NurRahmi
Febrina NurRahmi Mohon Tunggu... S1 PWK 2019 UNEJ

191910501030

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingnya Kenyamanan Membayar Pajak

5 April 2020   18:33 Diperbarui: 5 April 2020   18:32 162 0 2 Mohon Tunggu...

Pajak adalah peralihan kekayaan dari rakyat kepada kas negara untuk membiayai pengeluaran rutin dan surplusnya digunakan untuk publik saving yang merupakan sumber utama untuk membiayai public investment. Pajak adalah bentuk dukungan atau kontribusi wajib oleh warga negara yang diberikan kepada negara. Pungutan pajak bagi warga negara Indonesia ini bersifat wajib sebagaimana telah tercantum dalam UUD 1945. 

Pada konstitusi negara telah disampaikan bahwa terdapat dua kewajiban yang harus dilakukan warga negara Indonesia, saah satunya yaitu kewajiban membayar pajak. Kewajiban membayar pajak ini terdapat dalam pasal 23A UUD 1945 yang berbunyi "Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang undang". Dengan dituangkannya kewajiban membayar pajak di dalam UUD 1945 maka diharapkan penerapan dan pelaksanaannya dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila sebagai landasan penerapannya di Indonesia.

Penghasilan negara diperoleh dari pengolahan sumber daya alam yang dimiliki mengingat Indonesia adalah negara yang kaya dan diperoleh dari pungutan pajak yang dilakukan pemerintah terhadap masyarakat. Jumlah penduduk Indonesia sangatlah banyak, maka tidak dapat dipungkiri lagi jika sumber penghasilan yang terbesar bersumber dari pembayaran pajak. Jika dilihat dari fakta yang ada maka pajak mempunyai peran penting bagi berjalannya roda pemerintahan negara ini, khususnya dalam pembangunan. Pajak digunakan sebagai sumber pembiayan semua pengeluaran termasuk untuk pembangunan negara. 

Sistem pemungutan pajak di Indonesia adalah Self Assessment System yang berarti wajib pajak diberikan kepercayaan untuk memperhitungkan, menyetorkan, dan melaporkan sendiri atas pajak yang terhutang terhadap negara.

Mengingat pentingnya pajak terhadap keberlangsungan negara, maka pemerintah terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam penarikan pajak kepada masyarakat. Evaluasi dan perbaikan di bidang pajak yang telah dilakukan pemerintah terhadap masyarakat contohnya adah mempermudah sistem yang ada dan pelaporan pajak secara online sehingga memudahkan pihak wajib pajak untuk melakukannya. 

Program-program perbaikan tersebut terus dilakukan pemerintah guna memperbaiki sistem perpajakan yang ada di Indonesia agar syarakat wajib pajak memperoleh kenyamanan dalam membayarkan pajak.

Pemungutan pajak di Indonesia haruslah sesuai dengan dasar hukum dan juga berdasarkan asas pemungutan pajak. Asas pemungutan pajak sendiri adalah dasar yang digunakan negara saat membuat peraturan atau melakukan pemungutan pajak. Adanya Asas pemungutan pajak di Indonesia secara tidak langsung telah mempengaruhi penerapan dan pelaksanaan dalam pemungutan pajak. 

Diharapkan adanya asas pemungutan pajak dapat membuat lebih terarahnya pemungutan pajak baik penerapan, pelaksanaan, hingga pengoperasian hasil pungutan pajak. Jika adanya dasar hukum dan asas pemungutan pajak ini dapat dilakukan dengan baik maka pemungutan pajak yang telah dilakukan akan memberikan dampak yang besar baik bagi negara sendiri ataupun untuk kepentingan masyarakat.

Penarikan pajak diharapkan sesuai dengan asas-asas yang ada agar tidak memberatkan beban yang dimiliki masyarakat. Walaupun yang diwajibkan membayar pajak adalah orang yang mampu saja, tetapi bukan berarti keberadaan penarikan pajak ini tidak memberatkan masyarakat. Meningkatnya kebutuhan tanpa diimbangi meningkatnya penghasilan akan menyebabkan untuk membayar pajak tidak selalu mudah dilakukan. Jadi jika untuk membayarnya saja sudah beban untuk masyarakat, maka sebaiknya sistem penarikan pajak harus sesuai dengan asas yang ada agar tidak menambah beban masyarakat.

Kebijakan penarikan pajak di berbagai negara berbeda-beda seusai dengan kondisi di negara tersebut begitu pula penerapan asas di Indonesia dengan di negara lain tentulah berbeda.  Pemungutan pajak di Indonesia telah diatur dalam UUD 1945 dan Undang-Undang terkait lainnya yang membahas dan mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan subjek dan objek pajak. 

Atas dasar ini pula, pemerintah membuat kebijakan untuk mengatur aktivitas perpajakan di Indonesia yaitu asas pemungutan pajak. Asas pemungutan pajak memiliki arti faktor yang harus diperhatikan dalam kegiatan penarikan atau pemungutan pajak. Untuk teori asas pemungutan pajak sendiri telah disampaikan oleh beberapa ahli, yaitu Adam Smith, W.J. Langen, dan Adolf Wagner. Namun untuk pembahasan kali ini lebih membahas asas yang telah disampaikan oleh Adam Smith.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN