Mohon tunggu...
Febrillian Ricko
Febrillian Ricko Mohon Tunggu... Mari sama-sama belajar

So, this is my life. And I want you to know that I am both happy and sad and I'm still trying to figure out how that could be. -The Perks of Being a Wallflower

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Darimana Sih Sumber Berita Yang Ada Di Televisi?

18 Oktober 2020   08:00 Diperbarui: 18 Oktober 2020   08:12 61 2 0 Mohon Tunggu...

Siapa disini yang masih suka bingung dan bertanya-tanya, kok bisa ya sebuah program acara berita bisa menyajikan banyak berita sekaligus dalam sehari?
Lalu, darimana mereka mendapatkan berita-berita tersebut?

Nah kali ini aku ingin membahas sedikit tentang Sumber-Sumber Berita yang ada di Televisi nih temen-temen. Jadi buat kalian yang masih suka bingung dan bertanya-tanya seperti pertanyaan diatas, langsung baca sampe abis ya!

1. Reporter

Dilansir dari Wikipedia, Reporter merupakan salah satu jenis jabatan yang ada pada dunia kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan berita (news gathering) di lapangan dan melaporkannya kepada publik, baik dalam bentuk tulisan (media cetak/Internet) maupun secara lisan (media elektronik/Televisi, Radio).

Pada Umumnya, sumber berita yang terpenting diperoleh dari reporter dan juru kamera. Mereka adalah kunci utama dari program berita.

2. Layanan Darurat

Nah salah satu tugas reporter yaitu mencari informasi awal yang bisa menjadi petunjuk suatu berita penting. Maka seorang reporter harus mempunyai serta mengembangkan jaringan dengan semua unit pelayanan darurat yang ada agar mudah mencari informasi untuk dijadikan sebuah berita.

3. Kontak Pribadi

Reporter yang baik memiliki kontak pribadi di instansi-instansi penting demi mendapatkan berita paling awal, hangat, dan kredibel.

4. Kontak Publik

Seorang reporter juga harus memiliki kontak publik yang merupakan orang-orang penting atau figur publik yang dapat dimintai opininya tentang berita yang mempengaruhi intuisi atau profesi mereka. Dalam hal ini, Stasiun TV harus memiliki daftar nomor telepon serta alamat orang-orang yang termasuk dalam kontak publik.

5. Siaran Pers (Press Release)

Siaran Pers sendiri merupakan sebuah informasi/ pernyataan dari instansi atau organisasi yang dikirimkan ke stasiun TV atau dibacakan di depan kamera TV dengan tujuan untuk dapat dipublikasikan. Siaran pers biasanya juga digunakan untuk menimbulkan citra baik bagi instansi/organisasi.

6. Pemirsa

Kita sebagai penonton juga bisa menjadi sumber berita loh. Banyak sekali penonton yang suka menghubungi stasiun TV untuk memberikan informasi mengenai suatu peristiwa. Namun, informasi penonton tetap harus diperiksa kebenarannya. Jangan sampai kita memberitakan berita palsu atau Hoax ya.

7. Saksi Mata

Saksi mata merupakan salah satu sumber informasi yang sangat baik karena ikut terlibat dalam suatu peristiwa, atau paling tidak menyaksikan secara langsung suatu peristiwa sehingga bisa menambah kredibilitas sebuah berita.

~

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x