Mohon tunggu...
Febrilia Akika Sari
Febrilia Akika Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ~ 20107030050

Hello, how are you doing today? Hope you are doing well.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Artikel Utama

Zona Nyaman, Haruskah Kita Keluar?

12 Maret 2021   23:35 Diperbarui: 15 Maret 2021   21:09 842 21 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Zona Nyaman, Haruskah Kita Keluar?
Ilustrasi: Sejak bayi kita sudah diajari dan dipaksa orangtua kita untuk siap meninggalkan zona nyaman (ilustrasi: irishtimes.com/istock)

Hai, pasti kalian udah gak asing lagi dong sama istilah yang satu ini? Yup, zona nyaman. Istilah yang begitu familiar di telinga masyarakat apalagi di kalangan muda-mudi. Istilah zona nyaman ini terus melejit. Dan sering digunakan dalam kutipan motivasi bahkan juga dalam lirik lagu indie.

Belakangan ini banyak sekali yang berpendapat bahwa kalau mau berkembang dan sukses kita harus berani keluar dari zona nyaman. 

Kita harus berani untuk mengeksplor hal baru yang belum sekalipun kita jamah sebelumnya. Kita tidak boleh berlama-lama hidup dalam zona nyaman yang pasif dan itu-itu saja. Zona nyaman yang saat ini kita kenal lebih terkesan seperti penjara.

"Kamu tuh harus keluar dari zona nyaman kalau mau sukses,". "Zona nyaman membunuhmu,". "hati-hati sama zona nyaman." Dan sebenarnya masih banyak lagi kalimat-kalimat yang sering kita dengar tentang zona nyaman.

Coba deh sekarang kamu search di internet dengan kata kunci zona nyaman. Apa yang akan muncul? Yap, kebanyakan artikel atau video yang muncul berisikan tentang alasan mengapa kamu harus keluar dari zona nyaman dan bagaimana caranya keluar dari zona nyaman.

Lalu benarkah jika tidak keluar dari zona nyaman kita akan jadi manusia stagnan? Kalau lama-lama dalam zona nyaman kita tidak akan sukses?

Oke, sebelum kita memutuskan untuk keluar dari zona nyaman atau tidak, ada baiknya jika kita pahami dulu apa sebenarnya zona nyaman. 

Jangan nanti kita belum paham, asal memutuskan untuk keluar dari zona nyaman karena banyak anggapan yang menyarankan demikian. Sebenarnya, sampai saat ini belum ada definisi yang pasti mengenai apa itu zona nyaman atau comfort zone

Alasdair White seorang pencetus teori managemen bisnis melalui karyanya "From Comfort Zone to Performance Management", mendefinisikan Zona nyaman sebagai keadaan psikologis yang netral, dimana seseorang nyaman melakukan rutinitasnya dan mampu mengontrol lingkungannya. 

Pada kondisi ini orang tersebut akan jarang merasa cemas dan jarang merasa gelisah yang dapat memicu timbulnya stress.

Sedangkan mengutip dari Oxford Dictionary, zona nyaman memiliki dua definisi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN