Mohon tunggu...
Febri Kohongia
Febri Kohongia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Perbedaan Individual terhadap Hubungan Antar Manusia dalam Manajemen Psikologi

1 Desember 2022   10:35 Diperbarui: 31 Desember 2022   13:34 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Moh febriyanto kohongia¹ Novianty Djafri²

Manajemen Pendidikan,Fakultas ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Gorontalo 

Abstrak

Hubungan manusia adalah sekumpulan hubungan, baik formal maupun informal, yang harus diciptakan dan dipelihara dalam suatu organisasi sedemikian rupa sehingga tercipta suasana keakraban dan keharmonisan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hubungan antara orang dengan orang adalah komunikasi antara individu dengan orang, yaitu komunikasi sudah memasuki tahap psikologis, dimana komunikator dan objek komunikasi memahami pikiran, perasaan, dan emosi, merasakan dan bertindak secara bersama-sama. Jadi, ketika kita ingin menciptakan komunikasi yang intim, dimulai dengan pertukaran pemikiran atau informasi tentang perbedaan individu atau masalah pribadi masing-masing individu dalam masyarakat. Hubungan orang-ke-orang juga melibatkan komunikasi berorientasi perilaku.

Kata kunci: Perbedaan individu, hubungan antar manusia, manajemen psikologi

Pendahuluan

Persaingan saat ini semakin ketat, sehingga semua organisasi dan sekolah didorong untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Organisasi adalah tempat di mana beberapa orang berkumpul untuk melakukan kegiatan sesuai dengan tanggung jawab yang ditugaskan kepada mereka. Dalam sebuah sekolah pasti ada sumber daya manusia. Strategi yang dapat diterapkan untuk melatih sumber daya manusia yang mampu bekerja sama adalah dengan menciptakan kenyamanan bagi guru dan tenaga administrasi agar dapat bekerja dengan baik, tidak ada perbedaan antara guru dan pegawai serta dapat membuat kelompok kerja yang kompak yang mendefinisikan pegawai. sikap dan perilaku yang sesuai dengan visi dan misi sekolah atau organisasi.

 

Metode

penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu jenis deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. yang di dapat dari sebuah jurnal berjudul pengaruh perbedaan individual terhadap hubungan antar manusia dalam manajemen psikologi, yang ditulis oleh Citra Malinda Sitorus, M. Hady Al Asy Ary, Nailan Nikmah Siregar, Tri Wulan Hasibuan, Wilianda Munthe.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun