Mohon tunggu...
si rahwana baik
si rahwana baik Mohon Tunggu... Penulis - bercerita menurut peristiwa

tidak perlu tau kapan, yang penting itu pasti

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Islam yang Seperti Apa? Islam Warisan

19 Juni 2022   09:58 Diperbarui: 19 Juni 2022   10:05 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

islam terikat dengan banyak sekali aturan dan larangan, keadaannya bukan sebagaia belenggu bagi kita namun untuk menjaga kita. Tapi di Indonesia banyak sekali yang agamnya islam namun tidak beragama islam. Islam warisan masih terikat di desa-desa dimana banyak tidak paham dengan adanya hukum yang dilarang yakni salah satunya riba.

Saya berfikir sangat sulit mengubah kebiasaan turun menurun, namun saya tidak perlu mengubah kebiasannya tapi dengan mengubah caranya atau aturan mainnya, tetapi dalam konteks ini boleh tidaknya atau banyak orang yang sadar atas kejadiannya iru yang perlu ditanyakan.

Namun untuk membebaskan riba tersebut saya perlu adanya pendekatan kepada pihak-pihak yang berkaitan dalam fenomena ini. Kebiasaan tetap dilakukan namun denga cara yang baru bukan seperti mereka terdahulu.

Riba sudah menjadi hal yang lumrah sehingga mereka tidak sadar akan adanya laranagan tersebut, mungkin mereka mengira hal yang sangat dilaknat oleh agama mereka malah diangap hal biasa padahal hutang yang disertai bunga akan membuat mereka melarat perlahan-lahan.

Saya berani melakukan perubahan aturan karena saya yakin untuk merubah suatu kebaiasaan namun dengan permainan baru tentu akan lebih mudah mereka terima, saya ambil contoh akan pegadaian lahan di desa-desa, saya tidak akan merubah atau melarang mereka dengan kejadian itu, namun dengan pendekatan yang tanpa mereka sadari akan lebih diterima

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun