Mohon tunggu...
Febriesa Tri Nugroho
Febriesa Tri Nugroho Mohon Tunggu... Administrasi - Book Enthusiast

Read novels, Korean literatures and mostly fictions

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Novel Best Seller Korea Selatan "Almond" Dibaca Juga sama RM dan Suga BTS Loh

21 September 2020   09:06 Diperbarui: 21 September 2020   09:32 1363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tangkapan layar dari lama ecommerce

bilibili.com
bilibili.com
Almond oleh Son Won-Pyeong. Diterbitkan dalam Bahasa Korea oleh Changbi Publisher dan Bahasa Indonesia oleh Grasindo.

Almond merupakan sebuah novel garapan seorang penulis asal Korea Selatan. Buku ini cukup populer di negara asalnya. Almond bercerita tentang seorang anak (Yunjae) yang menderita Alexithymia. Alexithymia merupakan sebuah kondisi medis yang disebabkan oleh amygdalae yang tidak berfungsi sempurna. 

Amygdalae berperan penting dalam menentukan dan mengidentifikasi emosi yang dirasakan manusia. Tokoh utama Almond memiliki kondisi ini sejak lahir, sehingga tidak bisa merasakan beberapa macam emosi terutama rasa takut dan rasa cemas. Hal tersebut menyebabkan banyak masalah dan halangan dalam hidupnya.

Banyak orang menyebut sang anak sebagai monster ataupun robot. Banyak hal dilakukan oleh ibu sang anak, agar anaknya bisa bersosialisasi dengan baik di masyarakat terlepas dari kondisi medisnya yang langka. Almond berpusat pada kehidupan sang anak, di sekolah, di rumah maupun saat jalan-jalan bersama keluarga. Banyak tokoh akan muncul ke dalam kehidupan sang anak, dan akan mempengaruhi kehidupan serta perkembangan otaknya.

Tokoh lainnya dalam buku ini adalah Gon (Leesu). Gon merupakan teman dari Yunjae, walaupun tidak bisa disebut teman dekat. Lebih tepat disebut teman pasca insiden. Banyak terjadi terjadi pada mereka. Terlebih lagi, Gon berperan penting dalam perkembangan otak dan emosi Yunjae. Tokoh lain yang cukup penting adalah Dora, tokoh wanita yang berhasil mencuri hati Yunjae. Dora adalah wanita yang menyukai kegiatan fisik, terutama olahraga lari.

Secara umum, jalan cerita Almond biasa-biasa saja. Gampang ditebak seperti apa kelanjutan ceritanya. Namun, karena gaya bertutur sang penulis yang menarik dan detail menyebabkan setiap pembaca menjadi tertarik untuk membaca terus-menerus. Ending cerita cenderung terlalh biasa bahkan bisa dianggap klise. Tapi, Almond adalah buku yang cocok bagi pembaca yang suka genre keluarga, kesendirian, dan perjuangan hidup.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun